Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android

Penggunaan aplikasi Whatsapp memiliki peran penting sebagai media komunikasi. Karenanya, apabila aplikasi Whatsapp terhapus dari ponsel tiba-tiba, tentu pemiliknya panik. Namun, saat ini terdapat cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android dengan mudah. Berikut penjelasannya.

Mengembalikan Aplikasi Whatsapp Terhapus Secara Offline

Saat mengetahui aplikasi Whatsapp terhapus bisa saja kondisinya Anda sedang tidak memiliki banyak kuota internet. Apabila Anda tidak mempunyai kuota internet yang cukup, bisa mengikuti cara di bawah ini untuk mengembalikannya.

Membuka File Backup di Penyimpanan

Cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan Whatsapp adalah dengan membuka file backup di media penyimpanan. Metode ini bisa meringankan penggunaan kuota internet Anda karena tidak perlu mengunduh ulang aplikasi Whatsapp.

Anda tinggal membuka file penyimpanan di bagian file manager Android. Selanjutnya, cari file aplikasi Whatsapp tersebut. Anda bisa mencari secara manual atau memanfaatkan fitur pencarian. Berikutnya, setelah menemukannya klik dan pilih pasang ulang.

Tunggu selama beberapa menit dan setelah proses pemasangan selesai, maka aplikasi Whatsapp Anda bisa kembali. Hal yang perlu diingat adalah cara ini dapat berhasil apabila sebelumnya Anda membackup aplikasi Whatsapp di ruang penyimpanan.

Memakai Aplikasi Tambahan

Cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android juga dapat dilakukan dengan memakai aplikasi tambahan. Metode ini bisa digunakan apabila sebelumnya Anda sudah mengunduh aplikasi backup untuk menyimpan file aplikasi.

Jadi, saat terjadi kehilangan aplikasi baik Whatsapp atau lainnya Anda tidak perlu panik dan melakukan download ulang. Hal yang perlu dilakukan saat aplikasi terhapus tinggal membuka aplikasi backup dan memilih aplikasi yang ingin di restore.

Mengembalikan Aplikasi Whatsapp Terhapus Secara Online

Mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan cara offline hanya bisa dilakukan apabila sebelumnya sudah melakukan backup data. Namun, tenang saja, apabila Anda tidak sempat melakukan backup, mengembalikan aplikasi Whatsapp bisa mengikuti cara di bawah ini,

Backup Data di Google Drive

Apabila Anda telah menghubungkan aplikasi Whatsapp dengan Google Drive maka dapat menggunakan cara ini. Melakukan cara ini, selain bisa mengembalikan aplikasi yang terhapus, data-data didalamnya juga tidak akan hilang karena sudah di backup.

Untuk langkahnya, pertama, buka aplikasi Google Drive, kemudian cari file yang berisi aplikasi Whatsapp. Setelah menemukan aplikasi Whatsapp, Anda tinggal menginstalnya kembali. Tunggulah setelah beberapa menit maka pemasangan aplikasi selesai.

Berikutnya, Anda tinggal melakukan pembuatan akun kembali dengan mengisikan nomor sebelumnya. Selanjutnya, Anda bisa memasukan nomor OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk proses verifikasi. Setelah selesai, maka aplikasi Whatsapp sudah bisa digunakan seperti sediakala.

Namun untuk menggunakan cara ini, Anda membutuhkan jaringan internet. Metode ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengembalikan aplikasi Whatsapp saja, melainkan berlaku untuk aplikasi lainnya. Agar cara ini berhasil, pastikan sebelumnya sudah melakukan backup di Google Drive.

Mengakses Menu Kelola Aplikasi di Playstore

Cara satu ini harus dilakukan secara online agar aplikasi Whatsapp bisa terpasang kembali. Namun, tenang saja, menggunakan cara ini Anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota karena tidak perlu mengunduh ulang. Tentunya, metode ini bisa diterapkan apabila ponsel pernah menginstal WA.

Caranya, buka aplikasi Play Store di ponsel Anda. Selanjutnya, klik menu kelola aplikasi dan perangkat untuk mencari aplikasi yang tidak terinstal. Berikutnya, buka menu kelola dan cari aplikasi Whatsapp.

Setelah menemukan aplikasi Whatsapp klik dan pilih instal untuk memasangnya. Setelah terpasang, buka aplikasi dan lakukan pengisian nomor agar WA bisa digunakan seperti sedia kala. Jangan lupa untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi pastikan memiliki sambungan internet stabil.

Mengunduh Ulang Whatsapp

Cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android yang paling mudah yaitu dengan mengunduh ulang. Untuk menerapkan cara ini, tentunya Anda harus tersambung dengan koneksi internet. Cara ini mudah sekali diterapkan tanpa harus melakukan backup dan menginstal aplikasi tambahan.

Anda tinggal membuka Play Store dan mencari aplikasi WA, lalu mengunduhnya seperti biasanya. Setelah aplikasi selesai diunduh, maka Anda tinggal melakukan pembuatan akun seperti pada umumnya dengan nomor telepon.

Cara Mengantisipasi Aplikasi Whatsapp Terhapus

Baik aplikasi WA maupun aplikasi lainnya yang terhapus secara sengaja atau tidak, tentu ini adalah kabar buruk. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah agar saat kejadian ini terjadi bisa mengatasinya dengan baik
Aplikasi whatsapp yang terhapus membuat data-data yang ada di dalamnya juga ikut hilang. Oleh karena itu, apabila Anda tidak melakukan beberapa tindakan antisipasi sebelumnya bisa menyebabkan chat dan data didalamnya tidak bisa dipulihkan.

Pertama, yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pencadangan chat Whatsapp. Anda bisa memilih pencadangan chat secara harian atau mingguan sesuai dengan kebutuhan. Berikutnya, agar saat aplikasi terhapus mudah dipasang kembali, maka Anda bisa melakukan pencadangan aplikasi.

Pencadangan aplikasi bisa menggunakan SD card sebagai penyimpanan eksternal maupun dengan menginstal aplikasi tambahan untuk backup data. Banyak sekali program backup aplikasi yang dapat Anda gunakan dengan mencarinya di Playstore.

Selain melakukan pencadangan melalui dua cara di atas, Anda juga dapat melakukan pencadangan dengan aplikasi Google Drive. Berikutnya, jangan lupa untuk selalu melakukan pemindaian di ponsel Anda secara rutin. Penyebab terhapusnya aplikasi sendiri terkadang juga bisa disebabkan oleh virus.

Itulah beberapa cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android. Penjelasan di atas bisa Anda gunakan sebagai solusi ketika mengalami hal tersebut. Jangan lupa untuk melakukan tindakan pencadangan agar data-data penting yang ada di aplikasi tidak ikut hilang saat kondisi ini terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.