DOA SAAT HATI GELISAH

Hello Sobat INDONEWSID, kali ini kita akan membahas mengenai doa yang bisa kita panjatkan saat hati sedang gelisah. Hati yang gelisah bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti masalah pekerjaan, hubungan, kesehatan, dan lain sebagainya. Namun, dengan berdoa, kita bisa meredakan gelisah yang ada di dalam hati kita.

Doa dalam Al-Qur’an

Ada banyak doa dalam Al-Qur’an yang bisa kita panjatkan saat hati sedang gelisah. Salah satunya adalah ayat ke-129 dari surat Al-Baqarah. Dalam ayat tersebut, Allah SWT berfirman, “Rabbana atina fid-dunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina ‘adhaban-nar” yang artinya, “Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Doa ini mengajarkan kepada kita untuk memohon kebaikan di dunia dan akhirat serta perlindungan dari siksa api neraka. Dengan memohon kepada Allah SWT, kita percaya bahwa segala masalah bisa diatasi dan hati yang gelisah bisa mereda.

Doa dalam Hadits

Selain dalam Al-Qur’an, ada juga doa dalam hadits yang bisa kita panjatkan saat hati gelisah. Salah satunya adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Abdullah bin Abbas RA. Rasulullah SAW bersabda, “Hai anakku, peliharalah lima perkara, niscaya lima perkara itu akan melindungimu. Peliharalah Allah, niscaya kamu akan menemukannya di hadapanmu. Peliharalah Allah, niscaya kamu akan mendapati-Nya di sampingmu. Ingatlah Allah dalam keadaan yang memudahkanmu, niscaya Allah akan mengingatmu dalam keadaan yang sulit. Janganlah engkau berbuat dosa yang engkau harapkan ditutupi Allah, niscaya Allah akan memperlihatkan keburukanmu kepada orang banyak. Dan janganlah engkau meninggalkan shalat, niscaya shalat itu akan menjadi penolongmu di dunia dan di akhirat.”

Doa ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga lima perkara yang bisa melindungi kita dari masalah, yaitu Allah SWT, mengingat Allah dalam keadaan yang mudah dan sulit, tidak berbuat dosa yang diharapkan ditutupi oleh Allah SWT, dan selalu menjalankan shalat sebagai penolong di dunia dan akhirat.

Doa yang Diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW juga memiliki doa khusus yang diamalkan saat hati sedang gelisah. Doa tersebut adalah, “Allahumma inni a’udhu bika minal-hammi walhazani, wal’ajzi wal-kasali, wal-bukhli wal-jubni, wa dhala’id-dayni wa ghalabatir-rijaal” yang artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, kekikiran, ketakutan hutang, dan dari penindasan manusia.”

Doa ini mengajarkan kita untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai macam masalah yang bisa membuat hati menjadi gelisah. Dengan berdoa, kita percaya bahwa Allah SWT akan memberikan perlindungan dan kekuatan untuk menghadapi masalah tersebut.

Doa dalam Bahasa Indonesia

Bagi yang merasa sulit untuk memahami doa dalam bahasa Arab, ada juga doa dalam bahasa Indonesia yang bisa kita panjatkan saat hati sedang gelisah. Salah satunya adalah, “Ya Allah, hilangkanlah kegelisahan yang ada dalam hatiku dan gantikanlah dengan ketenangan dan kebahagiaan. Berikanlah aku kekuatan untuk menghadapi masalah dan berikanlah aku solusi yang terbaik. Amin.”

Doa ini mengajarkan kita untuk memohon kepada Allah SWT agar hati yang gelisah bisa dirubah menjadi tenang dan bahagia. Dengan memohon kekuatan dan solusi terbaik dari Allah SWT, kita percaya bahwa masalah bisa diatasi dan hati yang gelisah bisa mereda.

Kesimpulan

Dalam kehidupan, hati yang gelisah bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Namun, dengan berdoa, kita bisa meredakan gelisah yang ada di dalam hati kita. Ada banyak doa dalam Al-Qur’an dan hadits, serta doa dalam bahasa Indonesia yang bisa kita panjatkan saat hati sedang gelisah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Sobat INDONEWSID dalam menghadapi hati yang gelisah. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!