Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi

Mengganti icon aplikasi di smartphone, khususnya Android terbilang cukup mudah. Anda tidak harus menginstal aplikasi pihak ketiga untuk memperbarui tampilan gawai kesayangan. Cukup ikuti cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi berikut ini.

Tujuan Mengganti Icon Aplikasi Android

Sebelum Anda mengetahui langkah-langkah untuk mengubah icon aplikasi android, simak beberapa alasan atau tujuan pengubahan tersebut. Ada beberapa alasan yang mendasari pengguna mengganti icon aplikasi di smartphone mereka.

Menghindari Kebosanan

Tujuan pertama tentu adalah menghindari kebosanan. Hal ini cukup wajar akibat penggunaan perangkat tersebut sudah cukup lama. Intensitas pemakaian tinggi juga mempercepat rasa bosan muncul.

Apabila smartphone digunakan untuk keperluan pekerjaan setiap hari, hal ini juga akan mempengaruhi semangat bekerja karena tampilan yang itu-itu saja. Oleh karena itu, perubahan pada tampilan icon aplikasi cukup membantu mengatasi masalah tersebut.

Mengikuti Trend

Mengikuti trend yang sedang berlaku juga menjadi salah satu tujuan atau alasan mengganti icon aplikasi di Android. Beberapa orang memang suka mengikuti trend atau update dalam segala kemajuan teknologi dan inovasi, termasuk tampilan di smartphone.

Melalui kustomisasi pada tampilan aplikasi di smartphone, pemilik akan merasa lebih percaya diri menunjukkan ponselnya. Hal ini juga yang banyak menjadi alasan pengguna mempelajari cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi di perangkat terkait.

Mencoba Nuansa Baru

Tujuan atau alasan terakhir saat melakukan perubahan icon aplikasi di Android adalah mencoba nuansa baru. Hal ini selaras dan memiliki keterkaitan dengan tujuan pertama, yaitu mengusir kebosanan.

Saat mengubah icon aplikasi, Anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda seolah-olah mempunyai smartphone baru. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan mood saat menggunakan ponsel.

Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi Secara Umum

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah icon aplikasi di smartphone Android Anda tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Siapkan koneksi internet yang stabil dan ruang penyimpanan internal cukup untuk memudahkan proses penggantian icon aplikasi.

Masuk ke Menu Tampilan/Tema di Setelan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke setelan atau menu pengaturan di smartphone. Gulir ke bawah atau cari menu tampilan/tema, selanjutnya tekan untuk membuka halaman berikutnya.

Cari bagian style icon aplikasi atau kustomisasi tampilan. Setelah Anda menemukan menu tersebut, jelajahi isi di dalamnya. Biasanya, Anda akan diarahkan ke toko penyedia tema dan icon pack aplikasi secara gratis maupun berbayar.

Download Icon Pack yang Diinginkan

Setelah Anda berhasil masuk ke toko yang menyediakan berbagai kustomisasi tema dan icon pack aplikasi, lanjutkan dengan memilih style yang disukai. Jangan lupa memilih versi gratis agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Selain memilih versi gratis, periksa detail dan ukuran dari ikon pack yang akan Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari force close saat icon pack digunakan. Pemilihan ukuran yang sesuai dengan kemampuan perangkat juga tidak akan menurunkan performa smartphone.

Pasang dan Tunggu Proses Instalasi Selesai

Saat Anda sudah menemukan style yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, lanjutkan ke proses pemasangan icon pack tersebut. Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil agar download lebih cepat selesai.

Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi di HP Oppo

Bagi Anda yang menggunakan smartphone merk Oppo, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah icon aplikasi tanpa aplikasi tambahan. Proses pemasangannya juga tidak berbeda jauh dengan panduan sebelumnya.

Cari Menu Home Screen & Wallpaper di Pengaturan

Langkah pertama yaitu masuk ke menu pengaturan atau setelan di perangkat Oppo Anda. Gulir ke arah bawah untuk menemukan menu Home Screen & Wallpaper. Apabila sudah menemukan menu tersebut, tekan untuk masuk ke halaman berikutnya.

Lanjutkan ke proses selanjutnya dengan menggeser kembali layar smartphone Anda ke arah bawah guna menemukan menu ‘atur gaya ikon fitur’. Jangan sampai Anda salah menekan menu lain karena opsi di dalamnya juga akan berbeda jauh dengan yang seharusnya.

Pilih Gaya Pilihan yang Disukai

Langkah ketiga dalam mengganti ikon aplikasi di smartphone Oppo tanpa aplikasi tambahan adalah mencari gaya atau style yang diinginkan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan cari gaya yang tidak terlalu berlebihan.

Tekan Tombol Terapkan untuk Memasang

Pada stye atau gaya yang ingin dipasang, klik bagian atasnya. Lanjutkan dengan menekan tombol ‘terapkan’ agar tema atau ikon pack dapat segera dipasang. Tunggu sampai proses pemasangan selesai dengan sempurna.

Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi di Smartphone Xiaomi

Langkah-langkah mengganti icon aplikasi Android tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga berikutnya berlaku untuk pengguna Xiaomi. Secara garis besar, tahapannya juga tidak terlalu berbeda signifikan dengan metode sebelumnya. Perbedaannya hanya pada nama dan letak menunya saja.

Login ke Akun Mi

Langkah pertama adalah login ke akun Mi atau Mi Cloud Anda. Hal ini sangat penting dilakukan karena pengguna akan masuk ke toko tema dan icon pack yang disediakan oleh Xiaomi. Apabila lupa akun dan sandi, maka disarankan untuk mengurusnya terlebih dahulu.

Masuk ke Menu Tema di Pengaturan Smartphone

Langkah selanjutnya yaitu masuk ke menu pengaturan dan masuk di bagian tema. Setelah menu tersebut terbuka, Anda dapat menekan personalisasi icon di bagian kanan bawah. Tunggu hingga halaman selanjutnya terbuka.

Pilih Icon Pack yang Disukai

Pilih icon aplikasi yang Anda sukai. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ruang penyimpanan karena hal ini cukup berpengaruh terhadap performa smartphone. Tunggu hingga pemasangan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.