Mudah! Inilah Cara Menggabungkan Sel Tabel di Microsoft Word

Halo semuanya, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara menggabungkan sel tabel di word dengan mudah dan cepat. Simak selengkapnya sekarang juga.

Pada saat kita membuat tabel di Microsoft Word terkadang kita harus melakukan penggabungan beberapa baris ataupun kolom baik secara horizontal maupun vertikal. Istilah penggabungan baris atau kolom ini disebut dengan Merge Cells.

Apa itu Merge Cells?

Merge Cells merupakan perintah yang digunakan untuk menggabungkan beberapa sel pada sebuah tabel menjadi satu. Sel ini bisa digabung jika ada 2 sel atau lebih pada baris dan kolom. Fitur ini bisa pada aplikasi Microsoft Word, Excel, juga Power point.

Cara Menggabungkan Sel Tabel di Word

Memang menggabungkan sel tabel di word tidak semudah pada Microsoft Excel yang memang spealis untuk mengolah data dalam bentuk spreadsheet. Tapi tidak terlalu sulit juga kalau kita praktekan di word. Malah menurut saya mudah sekali. Caranya yaitu :

Menggunakan Toolbar

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk menggabungkan sel tabel di word. Yang pertama yaitu dengan menggunakan toolbar formatting tabel yang akan muncul pada saat kita membuat tabel. Langkah-langkah menggunakannya yaitu sebagai berikut :

  • Silahkan blok baris atau kolom yang selnya ingin digabungkan
  • Contohnya pada tabel di bawah ini saya akan mengabungkan 2 kolom yang nantinya hanya berisi judul “ jurusan”
  • Selanjutnya klik Menu Layout kemudian pilih icon Merge Cells
  • Sekarang hasilnya seperti di bawah ini

  • Saya juga akan melakukan hal yang sama sehingga pada bagian “ No, nama, dan jurusan “ sudah rapi seperti gambar berikut

Menggunakan Klik Kanan

Cara menggabungkan sel tabel di word yang kedua yaitu menggunakan Klik kanan pada mouse yang kita gunakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, silahkan blok atau sorot sel tabel yang ingin digabungkan
  • Lalu klik kanan pada sel yang telah diblok
  • Selanjutnya pilih Merge Cells untuk langsung menggabungkan sel
  • Nah, sampai di sini kita bisa lihat hasilnya sudah jadi ya

Syarat Menggabungkan Sel Tabel

Untuk bisa menggunakan fitur Merge Cells atau ingin menggabungkan sel tabel minimal kita harus memiliki 2 sel atau lebih pada baris atau kolom dari suatu tabel.

Perataan Teks di Sel

Untuk meratakan teks yang terdapat pada sel yang sudah digabungkan silahkan sesuaikan sendiri ya menggunakan perataan teks seperti rata kanan, kiri, tengah, atau rata kanan kiri yang terdapat pada menu Home dibagian grup Paragraph.

Penutup

Itulah cara menggabungkan sel tabel di word dengan mudah dan cepat. Silahkan praktekan sendiri untuk tahu hasilnya seperti apa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *