aplikasi penyimpanan data online

Recommended! Inilah Aplikasi Penyimpanan Data Online

Halo semuanya kali ini saya akan membahas beberapa aplikasi penyimpanan data online terbaik yang bisa kamu gunakan pada smartphone Androidmu. Simak selengkapnya sekarang juga.

Kapasitas penyimpanan data di smartphone Android kadang tidak cukup untuk menampung semua data-data penting yang ada di smartphone. Menyimpan data di flashdisk atau harddisk eksternal memang bisa menjadi pilihan beberapa orang. Tapi bagi orang yang tidak mau ribet dan gak mau bawa-bawa tools lain bisa menggunakan aplikasi penyimpanan data online yang bisa kita gunakan di smartphone, laptop, ataupun tablet.

Keunggulan Menyimpan Data di Cloud Storage

Media penyimpanan data secara online bisa juga kita sebut dengan cloud storage. Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan jika menyimpan data pada cloud, di antaranya yaitu :

  • File tidak mudah rusak : Bisa kita pastikan data yang kita simpan pada cloud biasanya tidak akan rusak. Kualitas dari file tetap sama saat pertama kali kita mengupload ke aplikasinya.
  • Media penyimpanan yang tidak mudah rusak : Karena bukan berupa fisik maka ini tidak mudah rusak. Kerusakan nantinya bisa terjadi jika memang penyedia layanan mengalami error. Dan tentu saja sebelum itu terjadi pastinya penyedia layanan sudah melakukan otomatisasi backup pada data-data penggunanya.
  • Keamanan privasi : privasi kita juga lebih terjaga. Karena yang mampu mengelola dan mengakses data yang sudah kita simpan hanya kita sendiri. Kalau flashdisk tentu saja bisa dibuka dilaptop oleh siapa saja.
  • Bisa diakses di mana saja : selama ada jaringan internet kita bisa mengakses file yang sudah kita simpan di mana saja.
  • Hemat tempat : nah, ini dari pada kita banyak-banyak beli perangkat seperti flashdisk atau HDD lebih baik kita menyimpan data secara online.
✅REKOMENDED:  5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis di Android & iOS

Aplikasi Penyimpanan Data Online

Baik langsung saja mari kita bahas satu persatu apa saja aplikasi penyimpanan data online yang paling direkomendasikan.

Google Drive

Aplikasi cloud ini diluncurkan oleh perusahaan mesin pencari nomor 1 di dunia yaitu Google. Aplikasi ini cukup populer karena bisa kita gunakan untuk mengamankan data seperti :

  • Foto
  • Video
  • Dokumen
  • Dan sebagaina

Dengan aplikasi ini juga kita bisa mengundang orang lain untuk dapat mengakses file yang kita sudah unggah. Nantinya kita bisa share ke orang lain dalam bentuk link.

Saat ini sudah lebih dari 5 juta orang menggunakan aplikasi Google Drive. Bahkan bisa dibilang aplikasi nomor 1 untuk penyimpanan data secara online adalah Google Drive ini.

✅REKOMENDED:  13 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik di Android

Drop Box

Tidak kalah populer dengan Google Drive, Drop Box bisa dibilang sangat digandrungi untuk menyimpan data secara online.

Kita bisa mengakses dan menggunakan aplikasi drop box di perangkat apa saja. Seperti laptop, komputer, maupun smartphone.

Berbagai data bisa kita simpan pada aplikasi ini, seperti :

  • Foto
  • Musik
  • Video
  • Dan berbagai jenis file

OneDrive

Selain mengembangkan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point, ternyata perusahaan Microsoft juga punya aplikasi penyimpanan data online yaitu OneDrive.

Sama seperti cloud storage yang lainnya, OneDrive juga bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dan kita juga bisa mengkasesnya di desktop maupun mobile. Baik dengan OS Windows maupun Mac juga Android ataupun Ios.

My Cloud

Aplikasi penyimpanan data online selanjutnya ada My Cloud.  Ada fitur yang sepertinya menjadi unggulan pada aplikasi ini yaitu fitur Auto Backup ke dalam My Cloud. Bukan cuma itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan notifikasi secara langsung yang akan mengingatkan ketika ada akses ke mycloud.

Ternyata jumlah unduhan aplikasi ini sangat besar, yaitu sekitar 10 juta unduhan. Itu artinya sudah banyak sekali orang yang terbantu dalam hal penyimpanan data secara online dengan aplikasi ini.

✅REKOMENDED:  6 Aplikasi Screenshot Untuk PC Terbaik

Degoo

Aplikasi penyimpanan data online selanjutnya yaitu Degoo.

Namanya mungkin tidak terlalu familiar atau bahkan mungkin kamu baru tahu ada aplikasi cloud dengan nama Degoo.

Aplikasi ini cukup fleksibel dan mampu melakukan penyimpanan data sampai dengan 100 GB. Waw, ini sangat menarik ya.

Kalau belum cukup dengan kapasitas sebesar itu kita bisa melakukan penambahan sampai dengan unlimited dengan membayar 2,99 USD / bulan.

Box

Sama seperti berbagai aplikasi yang sudah kita bahas di atas. Aplikasi Box juga bisa kita gunakan untuk menyimpan data seperti foto, musik, dokumen, dan data lainnya secara online.

Kuota penyimpanannya memang tidak terlalu besar hanya 10 GB saja, namun aplikasi ini kaya akan fitur yang mudah digunakan. Di mana user bisa menyimpan, share, bahkan melakukan preview langsung dengan full screen.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi penyimpanan data online terbaik yang sangat direkomendasikan. Silahkan coba unduh pada smartphonemu untuk tahu mana yang paling tepat untuk digunakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga ke temanmu yang lainnya. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published.