cara membuat daftar isi manual di word

Mudah dan Cepat ! Cara Membuat Daftar Isi Manual di Microsoft Word

Kalau kamu pelajar atau mahasiswa pasti sering banget dapat tugas membuat makalah. Dan kalau mahasiswa semester akhir ya harus menyelesaikan skripsi.

Baik makalah maupun skripsi memiliki satu bagian yang penting yaitu Daftar Isi. Bagaimana cara membuat daftar isi di word? Bisa dilakukan manual bisa juga otomatis. Tentu saja keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Namun, saya sendiri lebih nyaman menggunakan manual.

Nah, ditutorial ini kita akan membahas bagaimana cara membuat daftar isi manual di word. Simak selengkapnya sekarang juga.

Fungsi Daftar Isi

Sebelum kita lanjut ke tutorial cara membuat daftar isi manual di word. Mari kita pahami dulu apa saja sih fungsi dari adanya daftar isi pada sebuah dokumen.

Memudahkan untuk Mencari Halaman

Coba bayangkan kita membaca buku atau sebut saja novel. Kalau tidak ada nomor halaman pasti kita akan kebingungan bab sekian ada di halaman berapa, terakhir baca itu halaman berapa, pusingkan. Makanya ada daftar isi supaya kalau kita ingin menuju halaman tertentu kita bisa cek daftar isinya.

Bahasan Lebih Terstruktur

Dari sisi pembaca memudahkan untuk menemukan suatu halaman. Tapi fungsi penting lainnya yaitu bahasan sebuah dokumen menjadi lebih rapi dan terstruktur jika dibandingkan dengan tidak menggunakan daftar isi.

Lebih Profesional

Dengan adanya daftar isi kita bisa membuat dokumen entah itu karya tulis apapun menjadi lebih profesional. Karena secara singkat pembaca bisa tahu apa saja yang dibahas pada dokumen tersebut hanya dengan melihat daftar isinya pertama kali.

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word

Nah, tanpa berlama-lama mari langsung saja kita praktekan bagaimana cara membuat daftar isi secara manual menggunakan aplikasi Microsoft Office Word. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, silahkan siapkan lembar kerja kosong yang akan dibuat daftar isinya
  • Kemudian ketikan daftar isinya semua. Mulai dari kata pengantar, bab, dan lainnya

  • Jika sudah silahkan blok semua tulisan yang akan dijadikan daftar isi
  • Pilih menu Home dan klik icon tanda panah yang ada di samping kanan grup paragraph

  • Lalu pilih tombol Tabs yang ada di samping kiri bawah

  • Kemudian atur tab stopnya lalu pada leadernya pilih format titiknya
  • Setelah itu klik Set dan tombol Ok, tampilannya seperti gambar berikut

  • Jika sudah letakan kursor setelah teks lalu tekan tombol tab di keyboard, maka akan muncul titik-titik yang berhentinya di angka 15 pada ruler di atas. Silahkan dicek

Penutup

Itulah cara membaut daftar isi manual di word dengan cepat dan mudah. Silahkan dipraktekan untuk tahu hasilnya seperti apa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga ke temanmu yang lainnya. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *