cara memulihkan dokumen word yang hilang

Mudah ! Inilah Cara Memulihkan Dokumen Word yang Hilang

Hai, ditutorial ini kita akan bahas bagaimana cara memulihkan dokumen word yang hilang.

Pernah gak sih kamu mengalami saat membuat sebuah dokumen di word, sudah mengetik banyak tapi ternyata filenya hilang begitu saja entah karena tidak tersimpan, tidak sengaja ke hapus, dan lupa menyimpannya di mana.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan dokumen yang sudah kita buat di Microsoft Word hilang seperti listrik yang tiba-tiba mati, laptop atau komputer tiba-tiba error, atau filenya ternyata tidak sengaja kita hapus. Nah, untuk mencegahnya kita bisa menyimpannya berulang kali ketika mengetikan dokumennya jangan sampai sudah 100 lembar tiba-tiba mati lampu dan ternyata belum tersimpan.

Namun, jika terlanjur sudah dokumen yang kita buat di word ternyata hilang bagaimana cara mengatasinya? Nah, di sini saya akan memberikan tutorial cara memulihkan dokumen word yang hilang. Simak selengkapnya sekarang juga.

Cara Memulihkan Dokumen Word yang Hilang

Daftar Isi

Ada beberapa cara mengatasi dokumen yang hilang, yaitu sebagai berikut :

Cek Recycle Bin

File apapun yang terhapus dari komputer kita itu tidak langsung hilang secara permanen. Melainkan akan disimpan dulu ditempat sampah yang bernama Recycle bin.

Silahkan buka Recycle Bin dan cek apakah dokumen word yang hilang ternyata ada di fitur ini atau tidak. Jika benar ada kita bisa memulihkannya lagi dengan cara klik kanan pada file yang terdapat di Recycle Bin lalu pilih Restore.

Cek File Backup Word

Cara memulihkan dokumen word yang hilang selanjutnya yaitu kita bisa melakukan pencarian file dengan membuka folder lokasi terakhir dari dokumen word yang hilang. Silahkan cari pada kolom search file menggunakan format .wbk untuk melakukan pencarian file backup. Atau bisa juga :

  • Klik menu File
  • Pilih Open, lalu pada pilihan files of type yang tulisannya All Word Document ganti dengan All Files
  • Lalu cari dan klik file backup yang kamu temukan
✅REKOMENDED:  Mudah! Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Word

Cek File AutoRecovery

Ada banyak fitur yang bisa kita gunakan pada Microsoft Word yang memudahkan berbagai pekerjaan kita untuk mengolah dokumen. Salah satunya yaitu fitur Auto Recovery.

Fitur ini berfungsi untuk memulihkan kembali file dokumen word yang sudah kita buat namun belum tersimpan pada saat laptop atau komputer yang kita gunakan tiba-tiba mati.

Nah, saat laptop atau komputer kita nyala lagi, silahkan buka Microsoft Word lalu biasanya pada samping kiri muncul dialog yang mendakan Recovery dari dokumen yang tidak kita simpan.

Kalau kotak dialog Recovery ini tidak muncul secara otomatis, kita bisa melakukan pencarian secara manual dengan cara :

  • Klik menu File
  • Lalu pilih Recent
  • Di bawah Recent Places biasanya terdapat pilihan Folder Recover Unsaved Document
  • Kemudian buka folder tersebut dan carilah folder UnsavedFiles. Cari file dengan format .asd, kemudian dokumen yang belum tersimpan akan terbuka

File Temporary

Cara memulihkan dokumen word yang hilang berikutnya yaitu dengan mencari di file temporary.

✅REKOMENDED:  Mudah! Inilah Cara Menambah Halaman di Word

Setiap dokumen yang kita buat di Microsoft Word itu memiliki file sementara atau temporary yang kita bisa temukan di folder Temp. Tapi sayangnya folder tersebut tersembunyi dan tidak bisa diakses dari luar. Kita tetap bisa mencarinya dengan bantuan kolom Searching dengan mengetikan .tmp.

Jika sudah muncul file sementara ini silahkan cari file yang tanggalnya sesuai dengan waktu terakhir kamu membuka dokumen. Selanjutnya kamu akan bisa membuka file tersebut dengan menggunakan aplikasi Notepad.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara memulihkan dokumen word yang hilang selanjutnya yaitu menggunakan bantuan aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang bisa kita coba untuk memulihkan data dokumen word yang hilang yaitu :

  • Wondershare
  • Recuva
  • Undelete360
  • Data Recovery
  • Dan lain sebagainya

Penutup

Itulah cara memulihkan dokumen word yang hilang. Silahkan dicoba satu persatu cara di atas jika kamu mengalami kasus yang sama. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published.