cara print dokumen di word

Mudah dan Lengkap ! Inilah Cara Print Dokumen di Word

Ketika kita membuat dokumen apapun baik di Microsoft Word dan Excel biasanya kita akan melakukan pencetakan dokumen. Mencetak dokumen atau print ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Namun kenyataannya pada saat selesai membuat sebuah dokumen masih ada saja yang belum paham bagaimana cara print dokumen di word.

Nah, ditutorial ini kita akan membahas bagaimana cara print dokumen di word secara mudah dengan berbagai keperluan. Jika kamu pemula dan ingin belajar tentang ini silahkan ikuti sampai tuntas ya.

Cara Print Dokumen Di Word

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk print dokumen apapun di word.

Cara Print Semua Halaman Dokumen di Word

Yang pertama kita akan bahas bagaimana cara mencetak semua dokumen yang sudah kita buat di word. Misalkan kita punya dokumen dengan jumlah 100 halaman untuk printnya yaitu :

  • Silahkan buka dokumen yang ingin kamu cetak
  • Untuk print silahkan klik menu File alalu pilih Print. Atau bisa juga mengklik icon print yang ada di Quick Access Toolbar. Untuk tombol kombinasi gunakan CTRL + P.
  • Pada bagian Settings silahkan pilih Print All Pages
  • Lalu klik icon Print untuk mulai mencetak dokumen

Cara Print Halaman Tertentu Saja

Cara print dokumen di word yang kedua yaitu kita akan mempelajari bagaimana mencetak halaman tertentu saja. Misalkan dari 40 halaman yang tersedia kita hanya ingin mencetak halaman 1 sampai 10 saja.

  • Silahkan buka dokumen yang ingin diprint
  • Lalu klik menu File lalu pilih Print
  • Lalu pada bagian Settings isikan kolom Pages dengan jumlah halaman yang ingin diprint misal di sini 1-10
  • Lalu bagaimana jika kita ingin mencetak halaman 4, 7, dan 9 saja. Maka silahkan isikan angka yang dimaksud dan dipisahkan dengan tanda koma (,)

Cara Print Halaman yang Kursornya Aktif

Cara print dokumen word yang ketiga yaitu mencetak dokumen hanya pada kursor yang sedang aktif saja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka dokumen yang ingin diprint
  • Lalu pilih menu File dan klik Print atau langsung saja menggunakan CTRL + P
  • Kemudian pada bagian Settings ubah Print All Pages menjadi Print Current Pages
  • Setelah itu klik Ok

Pengaturan Print Lainnya

Selain mengatur halaman mana yang ingin diprint ada beberapa pengaturan lainnya yang harus dipahami saat kita ingin mencetak dokumen di word. Yaitu :

Jenis Kertas

Ini digunakan untuk menentukan jenis kertas apa yang ingin digunakan untuk mencetak dokumennya. Silahkan pilih dan tentukan jenis kertas pada bagian Settings dan tulisan A4.

Margins

Ukuran batas ketas juga jangan sampai dilewatkan. Kita bisa mengatur margin pada bagian Settings dan tulisan Normal Margin.

Tentukan Posisi Kertas

Nah, kita juga bisa menentukan apakah posisi cetaknya portrait atau landscape. Tidak akan sesuai hasilnya jika kita ingin mencetak secara landscape tapi ternyata pengaturannya masih portrait.

Penutup

Itulah cara print dokumen di word dengan menetukan halaman mana yang diprintnya dilengkapi dengan pengaturan lain yang harus dipahami saat ingin mencetak dokumen. Silahkan dipraktekan untuk mengetahui hasilnya seperti apa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *