cara membuat kwitansi di word

Mudah! Inilah Cara Membuat Kwitansi di Word Sendiri

Hampir berbagai dokumen bisa kita buat menggunakan Microsoft Word bahkan kwitansipun bisa kita buat sendiri di Microsoft Word. Bagaimana cara membuat kwitansi di word? Di sini kita akan bahas langkah demi langkahnya. Simak selengkapnya sekarang juga.

Cara Membuat Kwitansi di Word Sendiri dengan Mudah

Kwitansi atau nota sangat diperlukan untuk keperluan administrasi keuangan khususnya transaksi jual beli. Dengan membuat kwitansi sendiri kita bisa lebih hemat dan tentu saja mendesain sesuai keinginan kita sendiri.

Sebetulnya membuat kwitansi lebih mudah menggunakan Microsoft Excel. Tapi kalau kamu belum pernah atau belum mahir menggunakan Excel pasti akan sulit dan bingung juga. Jadi, tidak ada salahnya kalau menggunakan word. Meskipun kamu pemula jika mengikuti tutorial ini pasti bisa. Inilah langkah demi langkah cara membuat kwitansi di word.

✅REKOMENDED:  Cara Menampilkan Ruler di Word, Veritakal & Horizontal

Buka Aplikasi Microsoft Word

Pertama, silahkan buka aplikasi Microsoft Word yang sudah diinstall di laptop atau komputermu.

Atur Ukuran Kertas

Kemudian langkah kedua yaitu silahkan atur ukuran kertas menjadi A6. Caranya silahkan klik menu Layout lalu pilih Size dan klik pada bagian A6. Jika tidak ada silahkan setting ukurannya sendiri ya. yaitu A6 (10,5 x 14,8 cm).

Desain Kwitansi

Selanjutnya silahkan buat desain atau isi dari kwitansi yang terdiri dari :

  • Nama toko
  • Alamat
  • Hp
  • Nomor Kwitansi
  • Nama pembeli dan tanggal pembelian
✅REKOMENDED:  Inilah Ulasan Lengkap Fungsi Shapes Pada Microsoft Word

Contohnya seperti di bawah ini.

Menambahkan Logo

Kita juga bisa menambahkan logo tinggal klik Insert lalu pilih Picture. Dan masukan logo dari komputer atau laptopmu.

Buat Tabel

Selanjutnya kita akan membuat tabel untuk transaksi pada kwitansi. Caranya bisa klik Insert lalu pilih Tabel sesuaikan. Buat 5 kolom untuk barisnya sesuaikan dengan keinginan sendiri. Yang terpenting di bawah diberikan baris untuk jumlah total. Dan jangan lupa tabel ini jangan full ke bawah menghabiskan kertas ya.

Tanda Terima

Setelah tabel tambahkan juga untuk tanda terima dan hormat kami. Yang fungsinya untuk paraf dan stempel ya. Seperti berikut tampilannya.

✅REKOMENDED:  3 Cara Membuka Microsoft Word dengan Mudah dan Cepat

Cara Cetak Kwitansi di Kertas A4

Meskipun ukuran kwitansi di atas menggunakan jenis kertas A6, kita tetap bisa mencetaknya di kertas A4. Karena kertas A4 ini mudah sekali untuk ditemukan ya. Caranya yaitu :

  • Silahkan klik File lalu Print atau tekan tombol CTRL + P yang ada di keyboard secara bersamaan
  • Lalu pada Printer Properties dan Layout bagian kertasnya isi A4
  • Pada bagian page isikan 1, 1, 1, 1
  • Dan terakhir pilih 4 Pages Per Sheet
  • Klik Print

Penutup

Itulah cara membuat kwitansi di word dengan mudah dan cepat dan cocok untuk pemula sekalipun. Untuk tahu hasilnya seperti apa silahkan praktekan sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you ….

Leave a Reply

Your email address will not be published.