cara mengatur ukuran font di word

3 Cara Mengatur Ukuran Font di Word, Mudah & Cepat

Saat kita membuat dokumen apapun di word selain pasti kita akan memperhatikan fontnya apa, ukurannya berapa, marginnya bagaimana dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong soal font, pada saat kita membuka dokumen baru di Microsoft Word maka secara default font yang digunakan yaitu Calibri dengan ukuran 11 pt.

Untuk ukuran yang standar dalam pembuatan dokumen apapun seperti surat, makalah, skripsi, dan lainnya ukurannya adalah 12 pt. Jadi, kita harus mengubahnya dari yang 11 menjadi 12 pt. Nah, ditutorial ini kita akan membahas bagaimana cara mengatur ukuran font di word.

Cara Mengatur Ukuran Font di Word

Ukuran font sering juga disebut dengan Font Size. Di aplikasi Microsoft Office sendiri baik word, excel, maupun power point kita bisa mengatur ukuran font dari 1 pt sampai dengan 1638 pt.

Supaya tidak panjang lebar mari kita bahas bagaimana cara mengubah ukuran font di word secara mudah dan cepat guna memperindah dokumen yang kita buat nanti di Microsoft Word.

Cara Mengatur Ukuran Font di Word Lewat Menu Home

Cara mengatur ukuran font di word yang pertama bisa dibilang cara yang paling sering digunakan oleh orang yang hendak membuat dokumen di word. Berikut adalah langkah-langkah mengatur ukuran font via menu Home.

  • Silahkan buka Microsoft Word yang kamu pakai, lalu buat dokumen baru
  • Kemudian klik menu Home
  • Pada grup terdapat tulisan Calibri yang mana ini digunakan untuk mengubah jenis font
  • Sedangkan untuk mengatur ukuran font tinggal ubah saja angka 11 yang ada disamping Calibri menjadi ukuran font yang dikehendaki misalnya diubah menjadi 12
  • Jadi, ukuran font ditandai dengan angka 11 pada menu Home ini
  • Saat kita mengetik maka font yang ditulis akan langsung menggunakan ukuran yang sudah dibuat

Mengatur Ukuran Font dengan Increase dan Decrease

Cara mengatur ukuran font di word yang kedua ini jarang digunakan, karena memang jarang sekali orang yang tahu dari fungsi yang akan kita bahas ini.

Perhatikan, disamping angka 11 atau Font Size terdapat 2 icon A A, yang satu A nya tinggi dan yang satu lagi lebih pendek. Nah, itulah yang disebut dengan Increase dan Decrease. Langkah-langkah menggunakannya yaitu :

  • Silahkan klik icon A yang tinggi atau Increase untuk menambah ukuran font dari 11 ke angka selanjutnya
  • Sedangkan jika kita ingin mengurangi ukuran fontnya menjadi lebih kecil silahkan klik icon Decrease yaitu A yang lebih pendek beberapa kali ke ukuran yang kita mau
  • Maka ketika kita mengetik font akan menyesuaikan pengaturan tersebut

Mengatur Font Size dengan Tombol Shortcut

Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan keyboard ketika membuat dan mengolah dokumen di Microsoft Word maka cara ini pasti akan sangat berguna nantinya. Cara mengatur font di sini menggunakan tombol kombinasi shortcut yaitu :

  • Tekan tombol CTRL + [ (Tanda kurung siku buka) untuk memperbesar ukuran font
  • Tekan tombol CTRL + ] (Tanda kurung siku tutup) untuk memperkecil ukuran font

Tinggal sesuaikan saja semakin berapa ukuran font yang diinginkan dengan cara tersebut.

Mengatur Ukurant Font di Dokumen yang Suda Diketik

Ada baiknya pengaturan font ini dilakukan di awal ya, supaya nanti diakhir tidak banyak pengeditan yang kita lakukan. Namun jika sudah terlanjur diketik duluan maka cara untuk mengaturnya yaitu :

  • Blok atau sorot tulisan yang ingin diubah ukuran fontnya
  • Lakukan pengaturan font dengan dua langkah di atas yang sudah disebutkan
  • Nah, setelah itu kamu akan melihat ukuran font sudah sesuai dengan yang kamu inginkan

Penutup

Itulah cara mengatur ukuran font di Word dengan cepat dan mudah. Silahkan dipraktekan agar ilmunya semakin nempel dan kamu tahu hasilnya seperti apa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *