cara menyimpan dokumen di word

Mudah! Inilah 3 Cara Menyimpan Dokumen di Word

Halo semuanya, pada tutorial Microsoft Word sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara membuka aplikasi Word secara mudah dan cepat. Tentu saja saat kita sudah berhasil membuka Microsoft Word pasti ada dokumen yang hendak kita buat. Entah itu dokumen surat, makalah, skripsi, atau dokumen lainnya.

Setelah dokumen berhasil kita buat maka langskah selanjutnya kita harus menyimpan dokumen tersebut, supaya jika suatu saat nanti kita ingin membukanya kembali untuk keperluan editing atau cetak, kita tidak harus membuatnya dari awal.

Di sini kita akan membahas tutorialnya, bagaimana cara menyimpan dokumen di Word secara mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhanmu nanti.

Cara Menyimpan Dokumen di Word

Ada beberapa cara menyimpan dokumen di Word. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak cara-caranya berikut ini.

Menyimpan Dokumen Baru di Word

Pertama kali ini membuat dokumen ini bisa disebut dengan dokumen baru di Word. Microsoft Word akan secara otomatis memberikan nama file yang akan kita simpan dengan document1 dan seterusnya. Namun, tentu saja kita bisa mengubah nama file atau dokumen tersebut sesuai dengan keinginan kita. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama silahkan buka Microsoft Word, lalu buat dokumen di Microsoft Word
  • Jika sudah selesai dibuat silahkan klik Menu File Lalu klik Save

  • Kemudian tentukan lokasi penyimpanan file atau dokumen yang ingin kamu simpan ini dengan cara klik Browse

  • Jika sudah kita pilih lokasi penyimpanannya silahkan pada bagian File Name isikan nama dokumen atau file yang sesuai bagian Save As Typenya tidak usah diubah biarkan default saja yaitu Word Document atau .docx.

  • Setelah itu klik Save. Sampai di sini kita sudah berhasil menyimpan dokumen baru di Microsoft Word

Menyimpan Dokumen atau File Yang Sudah Diedit Dengan Nama File Berbeda

Lalu bagaimana cara menyimpan dokumen di Word dengan nama file dan lokasi yang berbeda? Tetapi isi filenya tetap sama? . Tenang kita berikan jawabannya.

Kalau kamu punya dokumen di word dan ingin disimpan ulang dengan nama file yang berbeda juga dilokasi penyimpanan yang berbeda maka gunakan fitur Save As. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kemudian klik Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan filenya.
  • Selanjutnya silahkan pada bagian File Name isikan nama file baru yang kamu inginkan.
  • Bagian Save as Typenya default saja. Jika sudah klik Save untuk menyimpan file tersebut.

Menyimpan Dokumen atau File dengan Format Yang Berbeda

Ada kalanya saat kita membuat dokumen word kita tidak hanya ingin menyimpan file dengan format doc saja, melainkan ingin juga membuat dan menyimpannya dalam format yang berbeda, misalnya format PDF. Bisakah hal itu dilakukan? Ternyata bisa banget. Berikut tutorialnya :

  • Buka file atau dokumen word yang ingin diubah format penyimpanannya
  • Kemudian klik menu File, lalu cari dan pilih Save as
  • Pada bagian Browse silahkan tentukan lokasi di mana dokumen akan disimpan
  • Tentukan format yang ingin digunakan, misalnya format PDF pada bagian Save as Type.

  • Jangan lupa berikan nama file sesuai keingingan agar mudah ditemukan
  • Terakhir, silahkan klik tombol Save
  • Maka format doc sekarang sudah berubah juga menjadi format PDF

Tombol Kombinasi dan Icon Save

Adakah cara menyimpan dokumen di Word yang lebih cepat. Ada, yaitu menggunakan tombol kombinasi CTRL + S atau dengan langsung klik icon Save, ditandai dengan gambar disket yang terdapat pada Quick Access Toolbar.

Penutup

Itulah beberapa cara menyimpan dokumen di Word. Silahkan pelajari satu persatu jangan lupa dipraktekan juga supaya tahu hasilnya seperti apa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *