cara copy paste dan cut di word

Cara Menggunakan Copy Paste dan Cut di Word

Ada banyak fitur yang bisa memudahkan kita untuk membuat, mengolah, dan mengedit berbagai dokumen di Microsoft Word. Dari banyaknya fitur ada beberapa fitur yang sering kita gunakan yaitu Copy, Cut, dan Paste.

Misalnya kita ingin menyalin paragraf di atas di bawah paragraf ini, maka solusi cepatnya adalah dengan menyalin menggunakan fitur Copy lalu menampilkannya di paragraf ketiga menggunakan Paste.

Nah, di sini kita akan membahas lebih dalam mengenai copy paste dan cut di word. Simak selengkapnya sekarang juga.

Copy Paste dan Cut di Word

Apasih pengertian dari copy paste dan cut di word? Berikut pengertian singkatnya.

  • Copy : merupakan perintah yang berfungsi untuk menyalin teks maupun objek dengan tetap mempertahankan teks atau objek aslinya. Bisa disebut juga dengan duplikat. Untuk objek di sini bisa gambar, foto, shapes, dan lainnya.
  • Paste : merupakan perintah yang berguna untuk menampilkan hasil dari copy ataupun cut. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan tempel. Kalau kita mengcopy sesuatu tapi kita tidak menekan tombol paste maka tidak akan ada hasil apa-apa.
  • Cut : merupakan perintah yang digunakan untuk memotong teks maupun objek dari satu titik ke titik lainnya. Kalau copy nanti hasilnya akan lebih banyak ketika di paste atau minimal satu. Nah kalau cut bisa disebut memotong untuk menempatkan ditempat yang lain.
✅REKOMENDED:  Cara Membuat Tanda Tangan Di Word dengan Mudah & Cepat

Cara Copy Paste di Word

Langsung saja mari kita praktekan bagaimana langkah-langkah untuk copy paste di Microsoft Word.

  • Blok atau pilih teks atau dokumen yang ingin dicopy.
  • Kemudian klik menu Home setelah itu klik icon Copy yang berada di grup Clipboard ditandai dengan icon dua kertas disamping paste. Cara cepatnya yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol CTRL + C.
✅REKOMENDED:  Mudah! Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Word

  • Lalu arahkan kursos mouse ke posisi di mana teks atau objek yang kita copy ingin ditempatkan. Jika sudah silahkan klik Icon Paste yang terdapat di menu Home atau dengan tombol cepat CTRL + V.
  • Sekarang kita bisa lihat hasil dari teks atau objek yang dicopy sudah ditempatkan sesuai yang kita inginkan.

Cara Cut Paste di Word

Selanjutnya kita akan praktekan bagaimana cara menggunakan cut dan paste pada Microsoft Word. Berikut ini adalah langkah demi langkah yang bisa kamu coba praktekan.

  • Pilih atau blok teks atau objek yang ingin kita pindahkan ke tempat lain.
  • Lalu klik icon Cut yang terdapat pada menu Home ditandai dengan icon gunting. Atau jika ingin menggunakan tombol cepat yaitu CTRL + X.

  • Arahkan atau letakan kursos mouse ke tempat yang kita ingin tuju. Selanjutnya untuk menampilkan hasil kita tekan icon Paste atau CTRL + V.
  • Sekarang hasilnya bisa terlihat dari aktivitas Cut yang kita lakukan di atas.
✅REKOMENDED:  Cara Mengatur Portrait dan Landscape dalam Satu File Word

Jenis – Jenis Paste

Kala kita perhatikan pada icon Paste terdapat icon panah ke bawah. Di mana ketika kita klik akan menampilkan perintah lain yaitu :

  • Keep Source Formatting
  • Merge Formatting
  • Keep Only Text

Apa kegunaan dari jenis paste tersebut? Berikut uraian singkatnya

Keep Source Formatting

Paste ini berguna untuk menyalin atau menampilkan format asal teks dokumen.

Merge Formatting

Paste jenis ini digunakan untuk menggabungkan format asal teks dengan format yang ada di posisi yang akan dituju.

Keep Text Only

Terakhir, paste jenis ketiga ini berguna untuk menampilkan teks saja tanpa peduli formatnya.

Penutup

Sampai di sini itulah cara copy paste dan cut di word dan juga sedikit penjelasan dengan jenis dari paste. Silahkan dipraktekan satu persatu langkah-langkah copy paste dan cut di word ini supaya kamu bisa melihat hasilnya sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga ke temanmu yang lainnya. See you …