cara membuat cover makalah di word

[ 100% Berhasil] Cara Membuat Cover Makalah di Word

Bagaimana cara membuat cover makalah di word?

Kalau kamu masih seorang siswa atau mahasiswa pasti sering banget dong bikin yang namanya makalah. Ternyata masih ada loh yang belum bisa membuat cover makalah sendiri. Kalau kamu gimana?.

Nah, jika kamupun belum bisa membuat cover untuk makalah di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat cover makalah di word secara mudah dan bagus. Simak selengkapnya sekarang juga.

Cara Membuat Cover Makalah di Word

Cover atau jilid sebuah makalah merupakan halaman yang nantinya akan ditempatkan paling depan. Biasanya cover makalah terdiri dari :

  • Judul Makalah
  • Penulis baik individu maupun kelompok
  • Nama sekolah atau kampus beserta alamatnya

Cara Membuat Cover Makalah di Word Secara Otomatis

Cover makalah bisa kita desain sendiri langsung baik menggunakan Microsoft Word atau Software khusus desain.

Namun karena bahasannya word, maka di sini saya akan memberikan tutorial membuat makalah secara otomatis menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Yaitu :

Klik Insert

Pertama, silahkan kamu cari dan pilih menu Insert pada menu bar Microsoft Word yang kamu gunakan. Sesuai namanya menu ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukan sesuatu ke dokumen.

Pilih Cover Page

Selanjutnya cari fitur Cover Page, terletak disamping kiri paling atas. Inilah fitur yang akan kita gunakan untuk membuat cover makalah secara otomatis.

Pilih Desain Cover

Selanjutnya ketika kita mengklik Cover Page, kita akan ditujukan pilihan desain yang tinggal pakai. Silahkan pilih salah satu.

Edit Isi dari Desain

Pada desain yang kita pilih sudah ada teks yang tinggal kita edit sesuai dengan keperluan. Silahkan edit mulai dari judul, profil penulis, dan nama instansi pendidikan.

Sampai di sini kita sudah berhasil membuat cover majalah di word secara otomatis.

Cara Membuat Cover Majalah di Word Secara Manual

Selanjutnya di sini saya akan juga mencontohkan bagaimana cara membuat cover majalah di word secara manual. Yaitu sebagai berikut :

Buka Dokumen Baru

Silahkan klik File lalu pilih New untuk membuat dokumen baru di Word. Atau bisa juga menggunakan tombol CTRL + N.

Buat Judul Makalah

Silahkan ketikan judul makalah di bagian atas makalah. Misalkan di sini judulnya yaitu “ Makalah Sistem Informatika “. Silahkan sesuaikan jenis fontnya dan ukuran fontnya perbesar jangan lupa di Bold ya.

Tambahkan Logo

Biasanya dalam cover majalah terdapat logo sekolah, masukan logo sekolah atau kampus dengan cara klik menu Insert Picture.

Tambahkan Nama Penulis

Di sini kamu bisa menambahkan nama penulis atau penyusun makalah, bisa perorangan atau kelompok.

Nama Sekolah atau Kampus

Terakhir di bawah nama penulis biasanya terdapat nama kampus atau sekolah beserta alamat, website, dan nomor telp.

Penutup

Itulah cara membuat cover makalah di word secara manual dan otomatis. Silahkan dipraktekan untuk lihat hasilnya sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *