cara edit tulisan di microsoft word

Mudah! Cara Edit Tulisan di Microsoft Word dengan Cepat

Setuju gak sih kalau aplikasi pengolah kata terbaik di dunia ini adalah Microsoft Word? Kalau saya sih setuju banget. Sepertinya hampir semua orang yang mengenal komputer pasti akan menggunakan aplikasi pengolah kata tersebut.

Ya wajar saja ya, karena memang fiturnya cukup lengkap dan sangat mudah sekali untuk digunakan. Contohnya fitur yang bisa mempercepat kita untuk mengedit tulisan di dokumen yang sudah kita ketik di Microsoft Word. Yaitu fitur Find, Replace, dan Go To.

Nah ditutorial ini saya akan membagikan cara edit tulisan di Microsoft Word dengan cepat dan mudah menggunakan fitur tersebut.

Cara Edit Tulisan di Microsoft Word dengan Cepat

Daftar Isi

Pada saat membuat dokumen yang jumlahnya sudah ratusan lembar, ternyata kata dan berubah menjadi danu akibat dari autocorret maka ini menjadi kesalahan kecil yang cukup fatal.

Bayangkan saja jika yang diketik tersebut adalah dokumen penting dan ketika sudah dicetak ternyata ada satu kata yang salah semua disetiap lembarnya.

Kalau kita mengedit satu persatu maka akan menghabiskan waktu berapa jam? Oleh sebabnya kita bisa menggunakan 3 fitur penting di bawah ini untuk mengedit tulisan tersebut.

Cara Edit Tulisan di Microsoft Word dengan Fitur Find

Fitur find digunakan untuk mencari sebuah kata apapun yang sudah kita ketik di Microsoft Word. Fitur ini berada di menu Home dan terdapat pada Ribbon Editing dengan icon kaca pembesar.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu :

  • Klik icon Find
  • Lalu masukan kata yang akan dicari pada kolom yang tersedia
  • Dan pilih tab pages, yang artinya kita akan mencari kata tersebut di halaman yang aktif pada dokumen
  • Selanjutnya akan ditampilkan results atau hasil pencarian senilai jumlah kata yang dicari tersebut dan kata yang dicari akan ditandai dengan blok warna kuning
  • Fitur find juga bisa kita munculkan dengan tombol kombinasi CTRL + F
✅REKOMENDED:  Mudah! Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Word

Cara Edit Tulisan di Microsoft Word dengan Fitur Replace

Selanjutnya untuk mempermudah pengeditan tulisan yang salah pada Microsoft Word, bisa dilakukan dengan menggunakan Replace.

Sama dengan Find, Replace terdapat pada menu Home dan Ribbon Editing. Berada di bawah tepat setelah Find, icon Replace sendiri ditandai dengan huruf b dan c.

Sesuai namanya replace ini digunakan untuk mengganti kata yang ingin diedit dengan kata yang baru. Misalkan kita mengetik hukum namun hasilnya menjadi hokum.

Untuk mengeditnya sangat mudah sekali, yaitu dengan cara :

  • Blok salah satu kata yang salah dan ingin diganti dengan kata yang baru
  • Klik Replace
  • Lalu masukan kata yang ingin diganti pada kolom Find What
  • Kemudian masukan kata baru yang ingin digunakan pada kolom Replace
  • Setelah itu tekan tombol Replace All, maka semua kata yang salah akan menjadi kata yang baru
✅REKOMENDED:  Mudah! Inilah Cara Mengatur Ukuran Foto di Word

Cara Edit Tulisan di Microsoft Word dengan Fitur Go To

Fitur ini digunakan untuk mengarah ke halaman tertentu. Misalkan ada ratusan halaman dari dokumen Microsoft Word yang kita buat. Untuk mengakses halaman ke berapa kita tidak perlu scroll mouse ke bawah melainkan tinggal masukan page berapanya pada kolom Go To.

Cara menggunakannya yiatu :

  • Tekan tombol kombinasi CTRL + G
  • Masukan nomor halaman yang ingin dituju
  • Klik tombol Go To

Penutup

Itulah cara edit tulisan di Microsoft Word dengan cepat menggunakan 3 fitur keren di atas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published.