Penyebab dan Cara Restart HP Oppo Paling Mudah

Restart perlu dilakukan sebagai tindakan alternatif jika HP mulai lemot. Cara restart HP Oppo bisa diterapkan dalam sejumlah metode yang tidak sulit. Pengguna dapat memanfaatkan tombol fisik, mengakses menu Pengaturan serta memasang aplikasi tambahan.

Biasanya aplikasi tambahan maupun fitur bawaan dipakai jika tombol fisik tidak berfungsi. Cara mengaksesnya pun tidak jauh berbeda dan masih tergolong gampang. Inilah pembahasan tentang cara melakukan restart di HP Oppo yang harus diperhatikan.

Penyebab HP Oppo Perlu Dilakukan Restart

Setiap HP dibekali dengan tombol power yang memudahkan pengguna untuk melakukan restart. Proses restart ini berguna untuk refresh HP Oppo dalam kondisi tertentu, sehingga membuatnya kembali normal serta tidak lemot digunakan. Pengguna juga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum melakukan restart.

Pengguna bisa mulai restart HP Oppo ketika kondisinya mulai lemot serta layar sentuh atau aplikasi yang diakses sering tidak merespon. Kondisi lain yang sering terjadi seperti HP tidak bisa mengisi daya dengan baik, muncul layar hitam dan biasanya tidak dapat menyala.

✅REKOMENDED:  5 Cara Cek HP Oppo yang Penting Diperhatikan

Jika penyebab tersebut muncul, pengguna bisa segera menerapkan restart. Dengan begitu, sistem pada HP bisa memulai ulang serta masalah yang muncul dapat diatasi dengan baik.

Cara Restart HP Oppo

HP Oppo diketahui memiliki sejumlah metode restart yang bisa diterapkan melalui fitur bawaan dan aplikasi pendukung. Cara restart HP Oppo ini sangat gampang dilakukan asalkan memperhatikan panduannya dengan baik. Berikut ini sejumlah cara yang perlu diketahui, antara lain:

1. Menggunakan Tombol

Oppo dibekali dengan tombol fisik yang berfungsi untuk mengaktifkan serta mematikan HP secara praktis. Pertama, pengguna perlu mengecek kondisi tombol dan memastikannya berfungsi normal. Lalu, tahan tombol power dengan volume atas secara bersamaan saat HP dalam kondisi hidup.

Setelah itu, tekan tombol serta tahan selama beberapa saat sampai HP menyala kembali. Tunggu proses restart selesai dilakukan serta sistem maupun aplikasi memulai ulang. Nantinya HP akan kembali normal dan tidak mengalami lemot.

2. Melakukan Restart Tanpa Tombol

Selain menggunakan tombol fisik, pengguna dapat memakai cara lain melalui fitur bawaan HP. Cara tersebut dapat diterapkan jika tombol fisik tidak berfungsi baik. Langkah pertama, pengguna harus membuka pengaturan di HP  terlebih dahulu untuk menggunakan metode tanpa tombol.

✅REKOMENDED:  Daftar Hp Yang Akan Rilis Akhir Tahun 2021

Selanjutnya, tekan menu “Pengaturan Tambahan” serta klik “Aksesibilitas”. Lalu, aktifkan menu tersebut dengan menggeser ikon hingga warnanya berubah hijau. Tekan “Ok” lalu izinkan akses kontrol pada HP. Nantinya pengguna bisa menemukan ikon untuk restart yang berada di bagian pojok bawah layar.

3. Memanfaatkan Aplikasi Fast Reboot

Pengguna dapat memasang aplikasi tambahan untuk restart HP Oppo dengan gampang. Cara ini bisa menjadi alternatif dari tombol fisik maupun melepas baterai. Cukup unduh dan pasang aplikasi Fast Reboot yang gratis diakses lewat Play Store. Lalu, jalankan aplikasi tersebut untuk menikmati fitur yang tersedia

Setelah membuka aplikasi, klik menu “Reboot” atau “Restart”. Nantinya HP akan melakukan restart secara otomatis seperti pada umumnya. Setelah itu, tunggulah sampai sistem HP memulai ulang dan bisa dipakai dengan normal.

✅REKOMENDED:  6 Laptop Gaming Murah 2021 Harga Dan Spek

4. Melepaskan Baterai HP

Terakhir, pengguna bisa melepaskan baterai untuk restart HP dengan cara paksa. Pastikan pelindung telah dibuka lalu lepaskan baterai secara perlahan agar tidak lecet. Diamkan beberapa saat dan pasang kembali baterai ke tempat semula. Setelah itu, cobalah hidupkan kembali HP untuk memulai ulang sistem.

Perlu diingat jika cara tersebut hanya bisa diterapkan pada tipe HP Oppo tertentu saja. Sebagian tipe HP Oppo dibekali dengan baterai tanam yang tidak bisa asal dilepas. Apabila ingin melepasnya, cobalah untuk meminta bantuan pada service center terdekat.

Demikian pembahasan tentang penyebab serta cara restart HP Oppo paling gampang. Pastikan pengguna telah memperhatikan langkah-langkah yang tepat sebelum melakukannya. Gunakan cara yang aman dengan fitur bawaan serta aplikasi tambahan yang disarankan. Segera hubungi service center apabila terjadi kesulitan saat proses restart.

Baca Juga: Cara Instal Ulang HP Oppo Paling Mudah dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.