5 Cara Cek HP Oppo yang Penting Diperhatikan

Melakukan pengecekan perlu diterapkan ketika akan membeli HP baru maupun lama. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi serta menghindari HP palsu. Cara cek HP Oppo ini cukup gampang dan bahkan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Pengguna bisa mengetahui lewat fitur bawaan maupun panggilan kode tertentu.

5 Cara Cek HP Oppo yang Penting Diperhatikan buat Pemula

Nantinya informasi HP akan muncul secara detail tentang kondisi, nomor IMEI hingga garansi. Proses pengecekan ini dapat dilakukan sendiri oleh pengguna maupun service center untuk informasi lebih lanjut. Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang cara memeriksa HP Oppo yang wajib disimak.

1. Mengakses Engineer Mode

Engineer Mode biasanya diterapkan untuk mengecek keaslian HP Oppo. Pengguna dapat menggunakan cara ini ketika ingin membeli HP bekas. Berikut ini cara memeriksa keaslian HP dengan Engineer Mode, antara lain:

  • Langkah pertama, buka menu “Telepon” yang berfungsi untuk melakukan maupun menerima panggilan.
  • Selanjutnya, masukkan kode rahasia *#800# lalu tekan Panggil atau call untuk melakukan panggilan.
  • Nantinya menu “Engineer Mode” akan muncul secara otomatis.
  • Setelah itu, lakukan pengetesan pada menu yang tersedia seperti Bluetooth, SIM Card, kamera dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Model Number

Cara cek HP Oppo selanjutnya melalui melalui menu Model Number. Pengguna biasanya memakai cara ini untuk mengecek tipe HP Oppo yang dipakai. Cukup buka menu Pengaturan lalu pilih opsi About Phone. Setelah itu, klik menu Model Number untuk mengetahui informasi lengkap tentang tipe HP Oppo yang sedang digunakan.

Pengguna juga bisa mengeceknya lewat kode *#6776# di menu Telepon. Lakukan panggilan dengan kode tersebut kemudian muncul tampilan informasi otomatis. Setelah itu, pilih menu Model untuk memeriksa HP Oppo dengan gampang.

3. Memanfaatkan Kode IMEI

Memeriksa kondisi HP Oppo bisa dilakukan melalui kode IMEI. Kode ini juga berfungsi untuk mengetahui informasi keaslian dari HP Oppo yang digunakan. Caranya cukup akses menu Pengaturan lalu pilih About Phone. Setelah itu, klik opsi Status IMEI yang berisi nomor khusus.

Cara alternatif yang dapat diterapkan dengan melakukan panggilan ke *#800#. Pengguna akan menemui tampilan nomor IMEI 1 dan 2. Kemudian, masukkan nomor tersebut ke situs imei.info untuk mengeceknya. Cocokkan pula dengan nomor IMEI yang tertera di kardus HP Oppo.

4. Memeriksa Lewat Firmware

Firmware diketahui sebagai perangkat lunak yang telah diprogram serta diletakkan di hardware. Perangkat ini berguna mengontrol serta mengetahui fungsi dari sistem yang dipakai di HP. Untuk mengeceknya, pengguna bisa melakukan panggilan melalui kode *#1234#. Nantinya informasi firmware di HP Oppo akan muncul dengan otomatis.

5. Mengecek IMEI untuk Garansi

Pengguna dapat melakukan pemeriksaan garansi HP melalui situs resmi Oppo. Cara ini bisa diterapkan untuk mengetahui masa berlaku garansi dan tahapan mengklaimnya. Inilah cara yang perlu dilakukan dalam mengecek garansi sebagai berikut:

  • Pertama, jalankan browser dan akses situs resmi Oppo untuk mengecek status garansi HP.
  • Selanjutnya, masukkan nomor IMEI yang sesuai dengan HP. Nomor IMEI bisa diketahui dengan mengakses menu About Phone serta kode khusus maupun melihatnya di kardus HP.
  • Masukkan kode Captcha sebagai validasi lalu klik opsi Cek Sekarang.
  • Setelah itu, pengguna dapat mengetahui informasi detail tentang garansi HP Oppo yang dimiliki.

Demikian pembahasan tentang cara cek HP Oppo yang perlu diperhatikan. Sejumlah cara tersebut dapat diterapkan untuk mengetahui kondisi HP, baik baru maupun lama. Keaslian HP juga bisa dibuktikan dengan melakukan cara tersebut asalkan langkah-langkahnya tepat. Tanyakan pada service center untuk pengecekan lebih lanjut.

Baca: Penyebab dan Cara Restart HP Oppo Paling Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *