pengertian tes intelegensi

Pengertian Tes Intelegensi Umum dan Jenis-Jenisnya

Ilmu psikologi telah berkembang dalam kehidupan masyarakat. Ilmu ini adalah dasar dari tes psikologi, yang kemudian digunakan oleh masyarakat untuk keperluan tertentu, salah satunya tes intelegensi. Maka dari itu, masyarakat perlu tahu penjelasan mengenai pengertian tes intelegensi, dan apa fungsinya bagi masyarakat.

Saat ini, tes psikologi diterapkan pada berbagai aspek kehidupan seperti sosial, pendidikan, dan industri. Tes psikologi juga dirancang untuk mengukur karakteristik dan perilaku dari individual. Salah satu tes psikologi yang tersedia adalah tes intelegensi umum yang dipakai masyarakat.

Penjelasan Mengenai Tes Intelegensi Umum

Pengertian tes intelegensi umum berbeda-beda dari para ahli. Secara umum, tes intelegensi adalah tes yang dipakai untuk mengukur kemampuan seperti numerik, persepsi, verbal, logistik dan analisis secara simultan. Tes intelegensi umum juga dapat mengungkap apa yang dicapai seseorang secara intelektual.

  • Menurut pakar psikologi asal Amerika P. Guilford, tes intelegensi dibuat sebagai alat ukur cara berpikir yang memiliki sifat konvergen. Hal yang dimaksud berupa kemampuan untuk memberikan kesimpulan atau jawaban yang logis, tergantung dengan informasi yang diberikan.
  • Sedangkan menurut Cohen-Swerdlik, tes intelegensi umum merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengasesmen individual. Definisi tes intelegensi pun terbagi menjadi dua, tes dan intelegensi. Tes psikologi adalah untuk mengukur ciri-ciri psikologi pada setiap individu. Sedangkan, definisi intelegensi dalam tes psikologi merujuk kepada sebuah kecerdasan. 
✅REKOMENDED:  Pengertian Kursus dan Jenis Jenis Kursus yang Diterapkan

Tetapi, ada beberapa pandangan yang mengartikan apa itu intelegensi. Intelegensi dapat diartikan sebagai beberapa kemampuan yang dimiliki oleh individu tergantung pada usia yang dimiliki.

Secara individual, tingkat kemampuan dapat berbeda-beda tergantung dari usia dan genetik. Kemampuan yang dites seperti cara berpikir, mengartikan persepsi, menyelesaikan masalah, menggunakan pengetahuan dan lain sebagainya. Dengan tes intelegensi umum inilah yang akan mengukur seberapa besar kemampuan-kemampuan pada setiap individu.

Fungsi Dari Tes Intelegensi Umum

Dalam perusahaan, tes intelegensi umum biasa digunakan untuk menganalisis kualitas kemampuan dari calon pekerja. Dengan begitu, perusahaan dapat memilih calon pekerja terbaik dan sesuai dengan apa yang akan dikerjakan. Adapun dari fungsi tes intelegensi umum adalah:

  • Sebagai alat untuk mengukur kemampuan individual.
  • Sebagai patokan untuk memilih calon pekerja yang sesuai dengan perusahaan.
  • Sebagai tes yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan individual.
✅REKOMENDED:  Pengertian Materi Pembelajaran dan Jenisnya

Jenis-Jenis Tes Intelegensi Umum Yang Diterapkan

Setelah memahami pengertian tes intelegensi umum dan fungsinya, ada beberapa macam tes yang diterapkan bagi masyarakat umum. Setiap tes yang disediakan berbeda-beda tergantung dari usia atau kemampuan individual yang mengerjakannya. Berikut jenis-jenis tes intelegensi umum yang sudah dikenal dan digunakan:

1. Tes Intelegensi Untuk Anak-Anak

Sejak dini, anak-anak diperbolehkan untuk mengikuti tes intelegensi. Biasanya, tes yang akan dikerjakan berupa gambar atau buku yang berisi cetakan kartu-kartu. Selain itu, soal-soal yang diberikan memiliki tingkatan yang mudah untuk anak-anak. Contoh tes intelegensi yang diterapkan:

  • Tes Binet Simon.
  • Tes WISC.
  • Tes WPPSI.
  • IST (Intelligenz Struktur Test).
  • CPM (Coloured Progressive Matrices).
  • CFIT (Culture Fair Intelligence Test) Skala 1 dan 2.
  • TIKI (Tes Intelegensi Kolektif Indonesia) Dasar.
✅REKOMENDED:  Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

2. Tes Intelegensi Untuk Remaja dan Orang Dewasa

Untuk tingkatan atas, ada tes intelegensi yang dibuat untuk remaja dan orang dewasa. Soal-soal dalam tes ini lebih kompleks, karena memang diperuntukkan untuk intelegensi di atas rata-rata. Contoh tes intelegensi yang diterapkan:

  • Tes WAIS.
  • TIKI Menengah dan Dewasa.
  • Tes APM.
  • Tes SPM.
  • CFIT Skala 3.

3. Tes Intelegensi Untuk Tuna Rungu

Bagi individu yang memiliki disabilitas seperti tuna rungu, juga disediakan tes intelegensi yaitu SON. Memiliki kepanjangan Snijders Oomen Non Verbal Scale, tes non-verbal ini diperuntukkan bagi tuna rungu berusia 3 sampai 16 tahun.

Demikian pembahasan mengenai pengertian tes intelegensi umum dan jenis-jenisnya. Meskipun tes intelegensi menentukan kemampuan seseorang, bukan berarti tes tersebut bersifat absolut. Setiap individu dapat mengasah kemampuannya dengan berlatih, agar kelak menjadi individu yang lebih baik untuk kedepannya.

Baca Juga: Pengertian Kursus dan Jenis Jenis Kursus yang Diterapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.