Kepo Kapan Bansos Sembako Cair 2022? Yuk, Cek Jadwalnya

Kapan bansos sembako cair 2022? Jadwal bansos sembako rencananya akan cair sebesar Rp 200 ribu sebanyak 12 kali. Seperti yang diketahui bahwa bansos sembako BPNT pada tahun ini cair sebesar Rp 18,8 juta untuk setiap keluarga penerima.

Bantuan sosial Sembako ini biasa disebut dengan BPNT yang merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai. Program ini merupakan program bantuan dari Kemensos yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat miskin untuk menciptakan ketahanan pangan.

Cara Cek Kapan Bansos Sembako Cair 2022

Untuk mengetahui kapan bansos sembako cair 2022, kamu dapat melakukan pengecekan dengan melalui online. Berikut adalah cara cek bansos kemensos secara online.

  1. Untuk mengetahui informasi terbaru, kamu juga dapat mengikuti instagram resmi kemensos yaitu @kemensosri
  2. Kemudian kamu bisa membuka website resmi pada lama, ww.kmensos.go.id
  3. Masuk pada link cekbansos.kemensos.go.id

Untuk mengetahui apakah kamu masuk ke dalam daftar penerima bantuan atau tidak, kamu dapat mengecek daftar nama penerima Bansos Sembako BPNT dan juga bantuan Kemensos dapat dicek melalui link cekbansos.kemensos.go.id dengan mengikuti cara-cara berikut ini.

1. Buka link cekbansos.kemesos.go.id di google
2. Masukkan alamat yang sesuai dengan KTP
3. Tuliskan nama lengkap yang sesuai dengan e-KTP
4. Masukkan kode verifikasi yang muncul di layar ponsel kamu
5. Kemudian klik ‘Cari Data’

Informasi yang dimasukkan akan muncul di layar berupa nama beserta alamat yang telah diinput apakah termasuk penerima Bansos Sembako BPNT 2022 atau tidak.

Untuk pencairannya pun mudah, yaitu melalui Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) terdekat.
Untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai ini dilakukan setiap bulan selama periode Januari sampai Desember melalui bank BUMN dan juga agen yang telah ditunjuk. Penyaluran tersebut akan dilakukan pada tanggal yang telah ditetapkan oleh penyalur.

Jadi, kapan bansos sembako cair 2022 ini tergantung tanggal yang ditetapkan oleh penyalur, karena dalam setiap daerah memiliki jadwal yang berbeda.

Syarat Pengambilan Bansos BPNT 2022

Setelah dinyatakan sebagai penerima bantuan sosial Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT 2022 kamu dapat mengambil KKS Bansos BSP yang dilaknsanakan serentak. Untuk mencairkan, maka penerima harus memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Masuk pada daftar penerima Bansos BSP 2022 yang telah ditetapkan oleh Kemensos
2. Mendapat undangan pemberitahuan yang berasal dari pendamping BSP atau dari perangkat desa
3. Memiliki KK dan juga e-KTP yang digunakan sebagai syarat utama pengambilan BNPT atau BSP yang telah bekerja sama dengan bank Himbara
4. Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan bank sebagai lembaga keuangan penyalur Bansos yang telah ditetapkan
5. Menunjukkan bukti bahwa penerima telah melakukan vaksinasi baik pada dosis pertama atau vaksinasi lengkap yang digunakan sebagai syarat lanjutan dalam pengambilan Bansos.

Cara Mendaftar Penerima Bansos BPNT

Bagi masyarakat miskin, tapi belum terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT, kamu dapat mendaftarkan diri dengan cara online melalui aplikasi Cek bansos. Berikut adalah cara mendaftar penerima Bansos BPNT.

1. Unduh aplikasi Cek Bansos yang terdapat pada Play Store
2. Apabila belum memiliki akun, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan membuat user id yang memakai data diri lengkap, seperti KK, KTP, dan juga foto selfie
3. Setelah akun selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah login pada aplikasi tersebut dengan menggunakan user id dan juga password yang telah kamu buat
4. Kemudian akan muncul menu Profil dengan cara mengecek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan juga Mendaftar usulan
5. Apabila kamu ingin mendaftar, kamu bisa menekan tombol klik ‘daftar Usulan’
6. Daftar Calon penerima Bansos BPNT harus mengisi data diri lengkap yang disertai dengan foto selfie dan juga foto rumah.

Jadi, kepastian kapan bansos sembako cair 2022? Kamu bisa mengecek dengan melalui online dengan menggunakan smartphone untuk mengetahui kepastiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.