Cara Cek Apakah Dapat Bansos dengan Mudah dan Cepat

Pemerintah memiliki program bantuan sosial untuk masyarakat. Lalu apa tujuan dari dibuatnya program ini. Dan juga bagaimana cara cek apakah dapat bansos?

Tujuan Dari Adanya Program Bansos Dari Pemerintah

Apa saja tujuan yang menjadikan adanya program bansos ini?

1. Pengentasan Kemiskinan

Tujuan utamanya adalah untuk mengentaskan kemiskinan. Baik untuk masyarakat yang tidak atau memiliki pekerjaan namun, belum dapat memenuhi standar hidup yang layak. Ini merupakan tujuan utama dari diadakannya program bantuan sosial ini.

2. Menjamin Kehidupan Masyarakat

Dengan adanya program ini, diharapkan program ini dapat menjadi jaminan sosial untuk masyarakat. Agar dapat memenuhi kehidupannya dengan baik dan juga layak.

3. Perlindungan Sosial

Untuk mencegah adanya resiko kerentanan sosial yang ada di masyarakat.

4. Rehabilitas Sosial

Ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial agar tidak ada ketimpangan sosial dalam masyarakat.

5. Pemberdayaan Masyarakat

✅REKOMENDED:  BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu Cair Lewat Kantor Pos, Cek Penerima Di Sini

Sebelum terburu-buru untuk cara cek apakah dapat bansos? Program ini dibuat untuk tujuan yang baik. Menjadikan anggota masyarakat memiliki daya untuk bangkit dan dapat memenuhi kebutuhan dasar minimalnya.

Cek Bansos Lewat Website

Ini dia bagaimana cara mengecek bantuan PKH secara online atau cek bantuan lainnya. Sangat mudah sekali, simak caranya.

1. Masuk Ke Halaman Web

Pertama, kamu masuk ke dalam halaman website yang resmi melalui pencarian Google. Bisa langsung klik cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan Alamat Secara Lengkap

Selanjutnya kamu hanya diharuskan mengisi alamat secara lengkap dan detail. Mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/ Kelurahan.

3. Masukkan Nama

Masukkan nama lengkap kamu yang sesuai dengan KTP. Kamu harus memasukkan nama yang memang terdaftar di KTP.

3. Masukkan Captcha

Selanjutnya kamu harus memasukkan captcha yang ada dengan benar. Masing-masing kode harus dipisahkan dengan spasi. Apabila huruf yang tersedia tidak jelas. Maka, kamu bisa klik tombol reload untuk mendapatkan kode baru.

✅REKOMENDED:  Download Aplikasi Bansos Mudah Dan Cepat

Cek Bansos Lewat Aplikasi

Ini dia cara cek apakah dapat bansos atau tidak dengan mudah melalui aplikasi yang tersedia.

1. Unduh Aplikasi

Pertama, kamu harus buka aplikasi Google Play Store terlebih dahulu. Temukan aplikasi yang resmi dibuat oleh Kementerian Sosial. Pasalnya ada beberapa aplikasi yang memang sengaja dibuat untuk menyamai milik pemerintah.

2. Lakukan Registrasi

Jika aplikasinya sudah terpasang di HP kamu. Maka, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan registrasi. Untuk bisa mengetahui cara cek apakah dapat bansos? Kamu memerlukan KTP, foto KTP dan swafoto untuk melakukan registrasi.

3. Masukkan Data Diri

Kamu nanti akan disuruh untuk memasukkan data diri dan juga kode OTP. Kode OTP nanti akan dapat kamu cek melalui email yang memang kamu daftarkan. Kemudian jika sudah maka data diri akan diverifikasi oleh admin aplikasi.

✅REKOMENDED:  Update Harga Emas Antam Jumat 26 Maret 2022: Naik Rp 6.000, Jadi Rp 1.000.000 Per Gram

Jika sudah dilakukan verifikasi maka kamu baru boleh melakukan cek bansos BPNT melalui user ID yang sebelumnya telah diaktivasi oleh admin.

4. Lakukan Pencarian

Selanjutnya kamu akan dibawa ke laman pencarian penerima. Nantinya pada laman tersebut akan ditampilkan seperti data-data. Data tersebut meliputi, nama, umur, status bansos, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.

Apabila nama kamu muncul sebagai penerima bansos maka akan muncul mengenai keatifan status dan periode pemberian bansos.
Sebelum itu pastikan kamu cek bansos KTP BRI terlebih dahulu. Untuk memastikan memang benar kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial.

Untuk cara cek apakah dapat bansos? Tentunya sangatlah mudah sekali. Bukanlah hal yang sulit terutama sekarang ini semua bisa dicek melalui online. Ini tentunya lebih memudahkan kamu dalam pengecekkan.