Bansos 600 Ribu Kapan Cair Lagi? Ini Penjelasannya

Pada tahun 2021 pemerintah telah bekerja keras untuk menyeimbangkan perekonomian. Serta membantu warga sipil dalam mendapatkan bantuan. Lalu di tahun 2022 ini bansos 600 ribu kapan cair?

Adanya bantuan sosial ini kepada mereka yang secara langsung terdampak oleh adanya pandemi covid-19. Bansos tunai PKLWN sebesar 600 ribu akan disalurkan mulai kuartal I 2022.

BACA JUGA : Cek Namamu terdaftar Penerima Bansos Download Aplikasi Bansos dan Cara Menggunakannya

Ini Dia Kategori Yang Berhak Menerima Bansos 600 Ribu

Apa saja kriteria yang berhak menerima bantuan? Ini dia kriterianya.

1. Registrasi

Pertama kamu harus melakukan registrasi dengan memasukkan data diri. Seperti Nomor KK, NIK, swafoto menggunakan KTP dan email. Ini dilakukan untuk kamu bisa cek bansos 600 ribu.

2. Klik Link

Selanjutnya klik link yang nantinya akan secara langsung mengarah ke website resmi. Atau kamu bisa secara langsung mengklik link ini. cekbansos.kemensos.go.id. Ini supaya saat kamu cek bansos 600 ribu kapan cair? Lebih mudah.

✅REKOMENDED:  Panduan Ikuti Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 23, Segera Kunjungi Link Berikut

3. Masukkan Data Diri

Masukkan data diri kamu dengan baik dan benar. Sesuaikan alamat sesuai domisili hingga nama lengkap kamu secara rinci. Sesuaikan data diri kamu dengan KTP.

4. Tunggu Hingga Hasil Data Muncul

Nantinya kamu akan mendapatkan hasil apakah kamu penerima bansos atau tidak. Kalau kamu bukan penerima bansos maka jangan tanya lagi bansos 600 ribu kapan cair?

Namun, jika kamu berhak mendapatkan bantuan maka kamu bisa melakukan pengambilannya melalui Kantor Pos Indonesia terdekat.
Dokumen Yang Diperlukan Untuk Mengambil Bantuan

Sebelum kamu datang ke Kantor Pos Indonesia. Bawa dokumen ini untuk mencairkan bansos 600 ribu.

1. Syarat Dokumen BST Di Ketua RT/RW

Pertama kamu harus membawa syarat dokumen untuk cek BST dari ketua RT/RW setempat.

2. Fotokopi KTP Dan KK

Selanjutnya, jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP dan juga KK untuk dapat mencairkan dan BST sebesar 600 ribu ini.

✅REKOMENDED:  Berteman Dari SMP, Wanita Ini Jadi Istri Kedua Suami Sahabatnya

3. Ambil Nomor Antrian

Saat sampai ke Kantor Pos Indonesia maka kamu harus mengambil nomor antrian. Ini dimaksudkan agar yang mengantri dapat antri dengan tertib dan tidak saling berdesak-desakan.

4. Menyerahkan Semua Berkas Kepada Petugas

Jika kamu sudah mendapat giliran maka kamu hanya perlu memberikan berkas kepada petugas. Supaya petugas yang akan memproses lebih lanjut.
Program Dari Pemerintah Yang Bisa Menerima Bansos

Apa saja program pemerintah yang nantinya akan mendapatkan uang 600 ribu?

1. Kartu Prakerja

Untuk yang sering tanya kapan bansos cair. Program kartu prakerja ini akan dibuka kembali pada bulan Februari tahun 2022. Ini merupakan salah satu bantuan yang akan diberikan kepada para warganya yang belum mendapatkan pekerjaan atau kehilangan pekerjaan.

Ini merupakan program pelatihan. Dimana nanti peserta yang telah lolos akan mendapatkan sejumlah dana yang akan digunakan untuk membeli paket pelatihan secara daring.

✅REKOMENDED:  Viral Gaji Guru Honorer Bikin Nyesek, Sekali Tatap Muka Cuma Rp 3000

Nantinya usai mengikuti pelatihan maka peserta akan mendapatkan bansos dana sebesar 600 ribu setiap bulannya, selama empat bulan.

2. BPNT dan PKH

Bantuan yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dipastikan akan tetap mengalir di tahun 2022. Jadi kapan bansos turun lagi, kamu hanya perlu mengecek secara pastinya melalui website atau pengumuman melalui Dinas Sosial setempat.

Bantuan ini akan diberikan kepada penerima sebesar 200 ribu setiap bulannya. Lalu PKH yang memiliki anak SD maka si anak akan menerima bantuan sebesar 900 ribu tahun. Anak SMP 1,5 juta dan SMA 2 juta perbulan.

Demikian tadi mulai dari kategori yang berhak dampai syarat berkas yang diperlukan. Kalau kamu masih penasaran bansos 600 ribu kapan cair? Maka cek langsung atau tunggu pengumuman petugas terkait.