Tak Pernah Pamer Punya Harta Rp 608 Triliun, Inilah 7 The Real Crazy Rich Indonesia, Tak Ada Nama Raffi Ahmad Dan Juragan 99

Indonewsid – Meski disebut-sebut Sultan dan Crazy Rich, Raffi Ahmad ataupun Juragan 99 nyatanya tidak masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Belum lama ini, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, namun tidak ada nama Raffi Ahmad dan Juragan 99.

Kekayaan Raffi Ahmad dan Juragan 99 tampaknya belum cukup untuk menandingi harta the real crazy rich Indonesia versi Forbes ini.

Forbes merupakan majalah ekonomi bergengsi asal Amerika yang selalu membuat pemeringkatan orang kaya secara global dan di Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2021, saat pandemi memasuki tahun kedua, mereka tetap jadi super kaya.

Nama Raffi Ahmad yang kini mendapat julukan Sultan juga tak termasuk dalam daftar tersebut.

Sebagai informasi, Forbes menghitung kekayaan mereka berdasar aset yang dimiliki baik perusahaan publik maupun pribadi, real estat, koleksi mobil, perhiasan, pesawat.

✅REKOMENDED:  Inilah 9 Potret Sarah Samantha, Sepupu Zaskia Sungkar yang Cantik Bak Bidadari

Namun, untuk menghargai bisnis pribadi yang dimiliki seseorang, Forbes menghitung dengan cara menggandakan perkiraan keuntungan. Jadi siapa mereka?

Dari Anthoni Salim hingga Chairul Tanjung, berikut sosok tujuh orang terkaya yang dipilih Forbes, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

R. Budi dan Michael Hartono

Hartono bersaudara ada di peringkat pertama orang terkaya Indonesia versi Forbes tahun 2021. Dikutip dari Forbes, total kekayaan mereka adalah 42,6 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 608 triliun. Hartono bersaudara diketahui sebagai pemilik grup Djarum, termasuk di dalamnya Bank BCA.

Keluarga Widjaja

Ada di peringkat kedua adalah keluarga Widjaya, pemilik Sinar Mas Group dengan total kekayaan 9,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 138 triliun.

✅REKOMENDED:  Sandiaga Uno Baca Pantun MotoGP Mandalika Di Depan Anggota DPR RI

Anthoni Salim

Menyusul di peringkat ketiga dalam daftar orang terkaya di Indonesia adalah Anthoni Salim. Pemilik perusahaan mi instant ternama ini tercatat memiliki kekayaan 8,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 121 triliun. Dia diketahui sebagai penerus Salim Group yang dimiliki keluarganya. Sebelum krisis moneter 1998, Forbes pernah menempatkan ayah Anthoni, yaitu Sudono Salim, sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Sri Prakash Lohia

Pengusaha kelahiran India ini masuk dalam peringkat empat orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan 6,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 88 triliun. Lohia merupakan pemilik sebuah perusahaan tekstil dan petrokimia. Perusahaannya memproduksi serat poliester dan resin polyester bottle-grade (PET) tahun 1995.

Prajogo Pangestu

Taipan perkayuan terbesar di Indonesia ini memiliki kekayaan 6,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 87 triliun. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Prajogo telah mengakuisisi sisa saham Star Energy.

✅REKOMENDED:  Ini Ucapan Chris Rock Yang Bikin Will Smith Ngamuk Dan Menamparnya Di Oscar 2022

Chairul Tanjung

Pengusaha yang mendapat julukan anak singkong ini diketahui memiliki kekayaan 5,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 78 triliun.

Chairul Tanjung merupakan pemimpin CT Corp yang memulai bisnisnya dari nol. Lahir dari keluarga yang pas-pasan, saat kuliah Chairul Tanjung sekaligus harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan.

Susilo Wonowidjojo

Pengusaha kelahiran Kediri, Jawa Timur, ini ada di peringkat ketujuh orang terkaya di Indonesia tahun 2021 versi Forbes dengan kekayaan 4,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 68 triliun. Dia merupakan anak ketiga dari pendiri perusahaan rokok Gudang Garam.