SIFAT KOLIGATIF LARUTAN MERUPAKAN SIFAT YANG BERGANTUNG PADA

Pengenalan

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sifat koligatif larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat yang bergantung pada jumlah partikel yang terlarut dalam larutan dan tidak bergantung pada jenis partikelnya. Ada empat sifat koligatif larutan yaitu tekanan uap, penurunan titik beku, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik.

Tekanan Uap

Sifat koligatif larutan pertama yang akan kita bahas adalah tekanan uap. Tekanan uap adalah tekanan yang dihasilkan oleh uap suatu zat di atas permukaan zat cair tersebut. Semakin banyak partikel yang terlarut dalam larutan, tekanan uapnya semakin rendah. Hal ini disebabkan karena partikel terlarut menghalangi partikel zat cair dari menguap sehingga jumlah uap yang terbentuk akan semakin sedikit.

Penurunan Titik Beku

Sifat koligatif larutan kedua adalah penurunan titik beku. Penurunan titik beku adalah penurunan suhu titik beku suatu zat cair karena adanya partikel terlarut di dalamnya. Semakin banyak partikel yang terlarut dalam larutan, penurunan titik beku nya semakin besar. Hal ini disebabkan karena partikel terlarut menghalangi pembentukan kristal sehingga suhu titik beku akan semakin rendah.

Kenaikan Titik Didih

Sifat koligatif larutan ketiga adalah kenaikan titik didih. Kenaikan titik didih adalah kenaikan suhu titik didih suatu zat cair karena adanya partikel terlarut di dalamnya. Semakin banyak partikel yang terlarut dalam larutan, kenaikan titik didih nya semakin besar. Hal ini disebabkan karena partikel terlarut menghalangi penguapan zat cair sehingga suhu titik didih akan semakin tinggi.

Tekanan Osmotik

Sifat koligatif larutan keempat adalah tekanan osmotik. Tekanan osmotik adalah tekanan yang dihasilkan oleh larutan terhadap semipermeable membrane. Semipermeable membrane adalah membran yang hanya memperbolehkan partikel-partikel kecil yang terlarut melewati namun tidak memperbolehkan partikel yang lebih besar melewati. Semakin banyak partikel yang terlarut dalam larutan, tekanan osmotiknya semakin besar. Hal ini disebabkan karena partikel terlarut menarik molekul air sehingga jumlah air yang melewati membran semipermeable semakin sedikit.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai sifat koligatif larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat yang bergantung pada jumlah partikel yang terlarut dalam larutan dan tidak bergantung pada jenis partikelnya. Ada empat sifat koligatif larutan yaitu tekanan uap, penurunan titik beku, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik. Semakin banyak partikel yang terlarut dalam larutan, semakin besar pengaruhnya terhadap sifat koligatif larutan.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!