Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Berbicara tentang beasiswa , Apa itu beasiswa? Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis? Buat semua yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis bisa membaca artikel ini. Disini semua akan dijelaskan tips mendapatkan beasiswa kuliah gratis
Di zaman sekarang ini orangsudah dapat berkuliah dengan mendapatkan beasiswa. Setiap orang berhak mempunyai mempunyai mimpi apalagi mimpinya untuk dapat berkuliah di kampus favorit secara gratis dan itu tentunya menjadi kebanggaan sendiri. Tetapi untuk mendapatkan beasiswa tidaklah mudah karena begitu banyak persaingan mendapatkan beasiswa.

Berikut ini beberapa beasiswa yang bisa kita daftar sendiri dalam Negeri :

1. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan. Dikatakkan beasiswa unggulan karena beasiswa ini dipegang langsung oleh Kemendikbudristek, dimana beasiswa unggulan hanya difokuskan kepada calon dosen atau sering disebut tenaga pendidik yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi ataupun Swasta. Beasiswa Unggulan ini jga hanya dikhususkan untuk jenjang S2 dan S3.

2. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa sampoerna foundation. Mengapa dikatakan beasiswa saampoerna foundation karena beasiswa hanya orang yang lulusan Sma yang memiliki nilai rata rata akademik yang bisa mendaftar. Jadi jika kamu merasa pintar dan menurutmu kamu layak mendapatkannya kamu bida mencoba untuk mendaftarkan dirimu sebagai penerima beasiswa sampoerna foundation. Jika nantinya diterima beasiswa sampoerna foundation maka kamu akan mendapatkan yang namanya subsidi biaya kuliah dan juga mendapatkan pengembangan sifat yang dapat membangun kehidupan di kampusmu nantinya.

3. Program Beasiswa Djarum Plus

Program Beasiswa Djarum Plus adalah Beasiswa dimana orang yang bisa mendaftar hanya para mahasiswa yang sedang menempuh jenjang S1/D4 sederajat. Untuk sobat sobat yang pintar untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, kamu harus disiplin baik itu terhadap nilai dan ilmu supaya kamu bisa mendapatkan subsidi uang dari Djarum Foundation. Biaya yang diberikan dari program beasiswa Djarum Plus 1jt perbulannya dalam satu tahun.

4. Beasiswa BCA

Beasiswa BCA. Jika kamu lulusan baru dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan kamu mempunyai minat di ilmu perbankan, kamu bisa langsung mendaftarkan diri untuk mendaftar program magang dari bank swasta terbesar di Indonesia yaitu bank BCA. Ayo buruan daftar masih banyak kesempatan.
Tetapi untuk mendapatkan beasiswa BCA sobat hanya bisa menemukannya di Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan dan Program Pendidikan Teknik Informatika saja. Nantinya, kamu akan menempuh pendidikan disana selama kurang lebih 2,5 tahun kedepan.

5. Beasiswa KIP Kuliah

Ada yang udah pernah dengar tidak tentang beasiswa ini? Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang beasiswa KIP Kuliah. Beaiswa kip kuliah itu sendiri adalah beasiswa yang dikhususkan hanya untuk lulusan SMA/SMK dan juga calon mahasiswa yang terbilang memiliki akademik yang baik dan aktif juga dan beasiswa ini juga bisa untuk yang kurang mampu baik secara keuangan.

6. Beasiswa LPDP

Selanjutnya ada beasiswa LPDP dimana beasiswa ini adalah beasiswa yang diadakan oleh pemerinta Indonesia secara resmi siselenggarakan melalui Lembaga pengelolaan Dana Pendidikan dimana beasiswa ini diawasi oleh kementrian keuangan. Biasanya beasiswa LPDP berlaku untuk calon mahasiswa S2. Beasiswa LPDP bertujuan untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki profesionalitas, , saintis, , berkarakter pemimpin, dan teknokrat.

Dan untuk beasiswa LPDP pihak yang menyelenggarakan tidak hanya menawarkan hanya kuliah gratis dalam negeri tetapi juga ditawarkan untuk luar negeri dengan syarat seperti jrusan teratas dan ilmu kedokteran saja. Jika teman teman merasa pintar atau merasa diri teman teman layak dan juga berniat ingin melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi kamu bisa langsung ikut bergabung dalam beasiswa LPDP.

Baca Juga :Jurusan Kuliah IPA Mana Nih yang “Kamu” Banget?

Tips atau Cara mendapatkkan beasiswa

1. Rajin Mencari Informasi Program Beasiswa Terbaru

Tips yang pertama adalah rajin mencari informasu program beasiswa terbaru dimana kita dituntut untuk mencari informasi baik dari manapun seperti dari pihak sekolah, pihak kampus, media social dan lain-lain. Tetapi jika spbat malas mencari informasi sobat bisa kehabisan kuota.

Sekolah atau kampus biasanya memiliki banyak jaringan dengan memiliki beberapa lembaga atau pihak swasta yang mengadakan beasiswa kuliah gratis. Selain itu, kamu jangan malu untuk bertanya kepada siapapun apalagi yang sudah memiliki pengalaman dalam cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis baik itu temanma maupun saudaramu yang sudah pernha bergabung dalam beasiswa ini. Karena ada pepatah malu bertanya akan sesat dijalan jadi sobat jangan pernah malu yah
Jika sobat memang mampu, Sobat juga bisa melakukan kegiatan sendiri dengan mencari informasi dari internet atau sosial media. Semakin rajin memlakukan pencarian informasi mengenai beasiswa maka akan mendapatkan informasi lebih banyak lagi.

Baca Juga : Beasiswa Unggulan kemendikbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2022/2023

2. Nilai Prestasi Akademik yang Mumpuni

Tips yang kedua yaitu harus memiliki nilai prestasi akademik yang mumpuni. Banyak jenis beasiswa masing-masing pastinya memiliki persyaratan yang berbeda salah satunya akademik. Untuk beasiswa yang membutuhkan nilai akademik mengharuskan nilai rata-rata kinimal 70. Salah satu beasiswa yang membutuhkan nilai akademik yaaitu beasiswa sampoerna foundation.

Apabila kamu sudah masuk ke jenjang S1, kamu sudah bisa mendaftarkan untukmengikuti Beasiswa KIP Kuliah dimana di KIP Kuliah sudah mengharuskan setiap mahasiswa untuk memiliki nilai akademik yang baik dan juga harus aktif dalam kegiatan kampus.

3. Memenuhi Persyaratan Kualifikasi Beasiswa

Cara ketiga yaitu memenuhi persyaratan Kualifikasi beasiswa dimana setiap beasiswa memiliki persyaratan yang berbeda. Walalupun begitu jika memang sudah berharap mendapatkan beasiswa kita harus terus berusaha tetapi sebelum mendaftarkan diri harus mempelajari dan memenuhi semua kebutuhan persyaratan yang ada yang diselenggarakan oleh pihak beasiswa. Biasanya salah satu persyaratan untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti program beasiwa yaitu tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun. Untuk persyaratan lainnya tbisa berbeda-beda oleh pihak beasiswa kuliah gratis yang membuka beasiswa tersebut. Kamu tinggal menyesuaikan apa saja yang menjadi persyaratannya dan merasa dirimu bisa melakukannya.

4. Persiapkan Beberapa Dokumen yang Dibutuhkan

Cara kekempat yaitu mempersiapkan beberapa dokumen.Pada umunya banyak dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti beasiswa seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat dari Kepala Desa, Surat dari Kampus dan masih banyak lagi. Jadi jika sudah mulai membuat okumen jangan malas yang sobat. Nah jika kamu punya sertifikat kamu bisa melampirkan nya juga supaya menambah penilaian dari penyelenggara beasiswa.

5. Menguasai Bahasa Inggris Sebagai Nilai Tambah

Cara yang terakhir yaitu menguasai bahasa inggris sebagai nilai. Berbicara tentang bahasa inggris pasti banyak siswa bahkan pelajar yang tidak menyukai bahasa inggris dikarenakan bahasa inggris sangat susah untuk dipelajari tetapi tidak ada yang tidak bisa untuk menegejar harapan semua pati bisa dipelajari. Jadi semangat yah untuk mengikuti persyaratan yang terakhir ini karna banyak perguruan tinggi yang melakukan penyelenggara beasiswa menggunakan persyaratan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.