Beasiswa Unggulan kemendikbud

Beasiswa Unggulan kemendikbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2022/2023

Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022/2023. Informasi ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa, pegawai, warga, dan lain-lain sesuai ketentuan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya berikut dibawah ini.

Beasiswa unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diartikan sebagai beasiswa yang disediakan oleh Kemendikbud dan digunakan terutama bagi mahasiswa, pegawai, masyarakat dan lain-lain yang telah disesuai dengan ketentuannya. Nah, di masa pandemi seperti ini banyak sekali mahasiswa dan juga masyarakat yang kesulitan akan ekonomi dan mungkin ada yang mempunyai latar belakang ekonomi rendah sehingga sulit untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi sampai ke jenjang Perguruan Tinggi yang diinginkan. Maka dari itu, perlu adanya solusi agar memudahkan masyarakat dari kalangan ekonomi rendah untuk dapat menggapai cita-citanya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi.

Baca Juga : Jurusan Kuliah IPS yang Mempunyai Prospek Kerja Sangat Menjanjikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan beasiswa unggulan untuk menjadi solusi bagi mahasiswa dari kalangan ekonomi rendah agar mampu menempuh atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan adanya Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini nanti diharapkan selama menempuh pendidikan agar bisa lebih berprestasi tanpa terbebani oleh biaya kuliah dan juga biaya hidup.

Beasiswa ini diprioritaskan untuk diberikan kepada mahasiswa berprestasi agar mampu terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di bawah ini adalah beberapa Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan bagi putra-putri tanah air yaitu :

  1. Beasiswa masyarakat beprestasi
  2. Beasiswa pegawai Kemendikbud
  3. Beasiswa mahasiswa asing
  4. Beasiswa unggulan guru CIMB Niaga
  5. Beasiswa donasi riset, workshop, pembinaan dan lain-lain

Nah dari kelima beasiswa diatas kamu hanya dapat memilih salah satu beasiswa tersebut untuk kamu ikuti dan pastikan sesuai dengan prestasi yang kamu punya atau usahakan sesuai dengan bakat dan minat kamu agar lolos mendapatkan salah satu beasiswa tersebut.

• Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Terdapat 6 beasiswa unggulan Kemendibud yang dapat kamu ikuti untuk melanjutkan pendidikan pada Perguruan Tinggi. Berikut merupakan beasiswa unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bisa kamu pilih dan ikuti yaitu sebagai berikut :

1. Beasiswa masyarakat beprestasi

Beasiswa masyarakat berprestasi atau istilahnya program Beasiswa unggulan untuk dalam negeri dan luar negeri. Beasiswa ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).
Beasiswa ini diberikan untuk peserta didik atau mahasiswa berprestasi, guru, pegiat sosial, seniman dan atlet yang mampu meraih medali pada olimpiade Internasional, juara tingkat Nasional dan Internasional yakni pada bidang sains, teknologi, seni budaya dan olahraga, guru yang berprestasi diberbagai bidang, karyawan juga pegawai berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan di rekomendasikan oleh atasan dan pegiat di bidang sosial.
Program Beasiswa masyarakat berprestasi lebih diprioritaskan untuk mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) pada Perguruan Tinggi dengan mencapai target yaitu minimal akreditasi B dan Program Studi terakreditasi A.

2. Beasiswa pegawai Kemendikbud

Berikutnya ialah beasiswa pegawai Kemendikbud merupakan beasiswa yang diberikan untuk pegawai Kemendikbud jika mereka berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Magister (S2) atau Doktor (S3). Beasiswa ini diberikan dengan tujuan untuk pembinaan karir pegawai pada rangka menyiapkan profesional untuk menjadi lokomotif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Beasiswa mahasiswa asing

Selanjutnya adalah Beasiswa mahasiswa asing. Nah beasiswa ini nanti diperuntukkan untuk mahasiswa melanjutkan ke Jenjang pendidikan S2 (Magister) dan S3 (Doktor) di Indonesia dan mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia di bidang pendidikan Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya.

4. Beasiswa unggulan guru Cimb Niaga

Beasiswa unggulan guru CIMB Niaga merupakan program beasiswa yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan Bank CIMB Niaga. Beasiswa guru CIMB Niaga ini bertujuan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa dengan cara yakni meningkatkan kualitas dan keprofesionalitas seorang guru.
Program beasiswa unggulan ini diberikan khususnya bagi para guru (pengajar) yang melanjutkan studi ke Jenjang pendidikan S2 (Magister) di UNPAD (Universitas Padjadjaran), UGM (Universitas Gadjah Mada) serta UNHAS (Universitas Hasanuddin) dengan program studi terakreditasi A di Fakultas Ekonomi.

5. Beasiswa donasi riset, workshop, pelatihan dan lain-lain

Beasiswa donasi riset, workshop, pelatihan dan lain-lain ditujukan terutama bagi peneliti, penulis, pencipta, seniman/budayawan, wartawan, olahragawan, tokoh serta PNS (Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan aktivitas serta kreativistas yang dilakukan.

6. Beasiswa unggulan 3T

Dan yang terakhir yaitu Beasiswa unggulan 3T (Tertinggal, terdepan dan terluar). Beasiswa unggulan 3T ini merupakan beasiswa yang ditujukan bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar dan tentu sesuai menggunakan PP RI No. 131 tahun 2015 tentang Penetapan Wilayah Tertinggal tahun 2015-2019.
Beasiswa unggulan ini dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan di Jenjang pendidikan S1 (Sarjana), S2 (Magister) dan S3 (Doktor) di Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal B.

• Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Terdapat 2 (dua) alur pendaftaran beasiswa unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang wajib kamu ketahui. Berikut adalah 2 alur pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbud yang mampu kamu ikuti :

1. Bagi kalian yang belum mempunyai akun, lakukan cara dibawah ini :

  1. – Buka alamat website : beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  2. – Pilih tombol daftar online
  3. – Selanjutnya akan masuk ke halaman baru : buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  4. – Pilih tombol pendaftaran
  5. – Selanjutnya isi data pendaftaran secara lengkap dan pastikan data kalian sudah benar
  6. – Bila telah mengisi data, kemudian klik tombol pendaftaran
  7. – Tunggu konfirmasi selanjutnya yang akan dikirimkan melalui email kalian

2. Bagi kalian yang sudah memiliki akun, lakukan cara dibawah ini :

  1. – Buka alamat website : buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  2. – Pilih tombol daftar
  3. – Selanjutnya silakan masukkan alamat email dan password kalian, pastikan kalian ingat passordnya ya
  4. – Kemudian lengkapi data pendaftaran kalian dengan benar
  5. – Lalu ikuti panduan atau petunjuk berikutnya sesuai dengan yang diperintahkan

Ikutilah alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Nah, jika terdapat perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada pada website resmi Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ya!

Penutup

Demikian informasi mengenai Beasiswa Unggulan Kemendikbud dan alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan informasi di atas bisa berguna untuk kalian semua. Dan untuk informasi lebih lengkapnya kalian dapat mengakses website resmi pada beasiswa unggulan kemendikbud.
Dan jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.