berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

Berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali? pilihlah jawaban yang paling benar berikut :

  • A.T itik
  • B. Garis
  • C. Bidang
  • D. Lukisan
  • E. Semua jawaban benar

Jawaban: D. Lukisan

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, menghormati, menjamin dan melindungi hak asasi manusia lainnya disebut kewajiban asasi.

untuk soal dan jawaban selanjutnya, saya sangat merekomendasikan kalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu menghormati menjamin dan melindungi hak asasi manusia lainnya disebut ? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur-Unsur Seni Rupa Garis

Garis merupakan unsur-unsur seni rupa berupa jarak antara satu titik dan titik lainnya, bisa lurus atau melengkung. Garis adalah unsur-unsur seni rupa goresan dari suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya.

Unsur-Unsur Seni Rupa Bentuk

Bentuk ada di mana-mana dan semua benda memiliki bentuk karena termasuk unsur-unsur seni rupa. Saat melukis atau menggambar, seniman membuat bentuk dalam dua dimensi: panjang dan lebar. Bentuk merupakan wujud yang terdapat di alam dan terlihat nyata.

Unsur-Unsur Seni Rupa Tekstur

Tekstur adalah unsur-unsur seni rupa yang bisa memengaruhi indra peraba. Tekstur didefinisikan sebagai deskripsi tentang bagaimana sesuatu terasa atau terlihat. Pada dasarnya, unsur-unsur seni rupa tekstur didefinisikan sebagai kualitas sentuhan permukaan suatu objek.

Unsur-Unsur Seni Rupa Titik

Unsur-unsur seni rupa yang tak kalah penting dari garis adalah titik. Titik pada dasarnya adalah awal dari “sesuatu” dalam “ketiadaan”. Unsur-unsur seni rupa titik memaksa pikiran untuk memikirkan posisinya dan memberikan sesuatu untuk dibangun di atas imajinasi dan ruang.

Unsur-Unsur Seni Rupa Warna

Warna adalah unsur-unsur seni rupa yang dihasilkan ketika cahaya yang mengenai suatu objek dipantulkan kembali ke mata. Warna dikelompokkan menjadi warna primer, warna sekunder, warna tertier, analogus dan komplementer.

Unsur-Unsur Seni Rupa Gelap Terang

Terkait dengan warna, gelap terang adalah unsur-unsur seni rupa dari terang dan gelapnya suatu warna. Gelap terang atau value yang paling terang adalah putih dan nilai paling gelap adalah hitam, dengan perbedaan di antara keduanya ditetapkan sebagai kontras.

Unsur-Unsur Seni Rupa Bidang

Ketika suatu bentuk memperoleh kedalaman dan menjadi tiga dimensi, maka ia bisa disebut dengan unsur-unsur seni rupa bidang. Dalam hasil karya seni rupa dua dimensi, bidang terbentuk karena pertautan garis yang membatasi suatu bentuk.

Unsur-Unsur Seni Rupa Ruang

Unsur-unsur seni rupa ini dapat dimanipulasi berdasarkan bagaimana seorang seniman menempatkan garis, bentuk, bidang, dan warna. Ruang mengacu pada jarak atau area di sekitar, di antara, dan di dalam komponen sebuah karya.