Berikan nama dalam bahasa Indonesia dan lnggris dari asam-asam berikut. h. H subscript 3 As O subscript 4

Pembahasan

Nama senyawa tersebut adalah asam arsenat atau dalam bahasa Inggris disebut arsenic acid.

Asam adalah suatu zat yang mana bila dilarutkan dalam air menghasilkan satu atau lebih ion  dan satu atau lebih anion.

Aturan penamaan asam tergantung pada ada atau tidaknya atom oksigen pada anion. Bila asamnya tidak mengandung oksigen, maka namanya dalam bahasa Indonesia adalah dengan mengganti kata hidrogen pada nama senyawa dengan kata asam. Untuk asam yang mengandung atom oksigen (asam okso atau asam oksi) penamaannya adalah dengan mengganti kata ion pada nama ionnya dengan kata asam.

Nama ion  adalah ion arsenat. Sehingga, nama senyawa  adalah asam arsenat dan dalam bahasa Inggris disebutarsenic acid.

2. Golongankanlah senyawa berikut berdasarkan jenisnya dengan cara menuliskan namanya pada kolom di sebelah kanan dalam tabel di bawah ini.

Pembahasan

Penggolongan senyawa berdasarkan jenis dan cara penulisan namanya secara lengkap dapat dilihat pada tabel berikut.

Berdasarkan tata nama senyawa, jenis senyawa dibagi ke dalam tujuh, yaitu garam, asam, basa, hidrida logam, nitrida logam, karbida logam, oksida logam dan oksida nonlogam.

Senyawa  merupakan senyawa oksida logam (ionik biner) karena terdiri dari logam dan atom oksigen. Tata nama senyawanya = nama ion logam + oksida. Maka nama untuk senyawa  adalah magnesium oksida.
Senyawa  termasuk kedalam senyawa asam. Tata nama senyawanya = asam + nama anion. nama untuk senyawa  adalah asam fosfat.
Senyawa  termasuk kedalam senyawa oksida nonlogam (kovalen biner). Tata namanya yaitu nama unsur pertama diikuti dengan nama unsur kedua dan diberi awalan mono-, di-, tri- dan seterusnya untuk menandakan jumlah unsur. maka nama senyawanya adalah hidrogen peroksida.

Leave a Reply

Your email address will not be published.