contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu

contoh interaksi antar ruang adalah sebagai berikut :
1) dari rumah ke sekolah
2) dari rumah ke pasar
3) dari rumah ke mall

Pengertian Interaksi Antar Ruang

Ruang adalah suatu tempat di permukaan bumi yang mempengaruhi makhluk hidup dan tak hidup yang ada di dalamnya. Setiap kamar tidur memiliki fitur dan karakteristik tertentu. Bentuk antara ruang-ruang ini akan mempengaruhi bagaimana makhluk hidup dan tidak hidup berinteraksi satu sama lain.

Interaksi antar ruang menurut buku IPS Pasti Bisa SMP/MTS Kelas VII (2017: 28) Operasi Ganesha menyebutkan bahwa interaksi antar ruang digunakan sebagai tempat hidup dan tempat interaksi antara individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok, atau kelompok satu dengan kelompok lain.

Mereka saling berinteraksi dan mempengaruhi. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang adalah adanya kawasan yang saling melengkapi dari perbedaan potensi sumber daya alam antar wilayah. Hubungan saling mempengaruhi inilah yang dikenal dengan interaksi antar ruang.

Bentuk Interaksi Antar Ruang Menurut Sutarjo dalam buku Modul 5 Interaksi Antar Ruang dan Dampaknya (2020:14), terdapat perbedaan bentuk interaksi antarruang. Bentuk-bentuk tersebut mempengaruhi terjadinya interaksi antar ruang.

Bentuk-bentuk interaksi antar ruang adalah sebagai berikut: Mobilitas Penduduk Mobilitas penduduk merupakan bentuk interaksi antar ruang yang berupa pergerakan dan perpindahan penduduk dari satu ruang ke ruang lainnya.

Contohnya seperti urbanisasi, imigrasi, transmigrasi, perjalanan untuk bekerja, perjalanan ke tempat wisata, dll.

Komunikasi Komunikasi adalah bentuk interaksi antar ruang melalui transfer ide, gagasan, informasi, visi dan misi, cita-cita dan lain-lain, secara langsung maupun tidak langsung .

Misalnya menonton siaran berita, menonton acara TV, membaca buku, berselancar di internet, dll.

Transportasi Transportasi merupakan suatu bentuk interaksi antar ruang melalui pergerakan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Misalnya transportasi barang, perdagangan, dll. Bentuk interaksi antar ruang tersebut tentunya masing-masing memiliki dampak tersendiri bagi kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.