aplikasi untuk mengedit video

Aplikasi Untuk Mengedit Video di Android Hasil Video Maksimal

Aplikasi edit video android sekarang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk menggantikan software editing di komputer atau PC. Karena jauh lebih praktis dan hemat ruang penyimpanan.

Bukan hanya itu, kebanyakan aplikasi ini juga tersedia secara gratis jadi tidak perlu menyediakan dana khusus untuk membayar biaya langganan. Keuntungannya adalah Anda tetap mampu mengedit konten secara profesional.

Biasanya, perangkat lunak editing ini dipakai untuk membuat konten di media sosial seperti TikTok, Youtube, Instagram dan lain sebagainya. Tidak jarang juga dipakai untuk mengerjakan proyek, tugas maupun keperluan lainnya.

Opsi Aplikasi Edit Video Android yang direkomendasikan

Sekarang ini tidak perlu lagi mencari software editing profesional untuk PC. Cukup mengunduh perangkat lunak dari Google Play Store yang lebih mudah untuk dijalankan. Meskipun begitu, tersedia berbagai fitur sehingga membuat hasil editan tampak menarik.

Misalnya saja fitur menggabungkan file, memotong frame, menambahkan teks, menyisipkan musik, menghias dengan stiker dan lain sebagainya. Cukup unduh dan gunakan aplikasi edit video android berikut untuk menghasilkan konten terbaik.

1. Kinemaster

aplikasi untuk edit video kinemaster
Sepertinya nama Kinemaster sudah tidak asing lagi ditelinga pengguna media sosial. Karena memang sudah banyak yang menggunakannya untuk mengedit konten. Terkadang dipakai juga oleh Youtuber dalam bidang game karena menawarkan fitur chroma key.

Chroma key merupakan fitur yang mampu mendukung editing layar hijau. Sehingga memudahkan para Youtuber untuk mengedit konten gaming mereka. Selain itu, efek di dalam Kinemaster mampu memunculkan kesan profesional.

Kemudian ada berbagai transisi yang mampu mendukung hasil editan. Sehingga Anda dapat melakukan pengeditan secara mudah dan cepat dengan mengandalkan berbagai fitur canggih dari aplikasi edit video android ini.

Tidak perlu khawatir mengenai besaran file Kinemaster. Karena ukuran file kurang dari 100 MB. Jadi, tidak akan memenuhi ruang penyimpanan smartphone. Jika ingin mencoba versi berbayar tanpa iklan dan watermark maka dapat memilih Kinemaster Premium.

2. FilmoraGo

Rekomendasi aplikasi edit video android selanjutnya adalah FilmoraGo. Wondershare sebagai pihak pengembang sebenarnya juga menawarkan perangkat lunak ini untuk iPhone, tidak terbatas pada android saja.

Fitur yang ditawarkan oleh FilmoraGo diantaranya pemangkasan, pemotongan, penambahan tema, teks, musik, transisi dan lain sebagainya. Ada juga pilihan rasio seperti 1:1 dan 16:9. Jadi bisa menyesuaikan rasio media sosial.

Seluruh fitur dasar dapat dinikmati secara gratis, kemudian dapat diunggah ke media sosial secara praktis. Akan tetapi, jika ingin mengakses seluruh fitur tanpa batas, perlu membayar biaya langganan.

3. PowerDirector

Apabila Anda ingin memakai aplikasi edit video android yang dikhususkan untuk konten Youtube, bisa mencoba PowerDirector. Melalui PowerDirector, Anda dapat menyisipkan video, efek, stiker, transisi dan lain sebagainya.

Efek yang cukup difavoritkan adalah slow motion. Mungkin Anda juga sering melihat konten Youtube dengan efek tersebut. Tentu sangat menarik jika mampu menciptakan video semacam itu cukup mengandalkan smartphone.

PowerDirector sangat cocok dipakai untuk mengedit konten Youtube karena menawarkan fitur green screen. Apabila hasil pengambilan video terasa gelap, dapat dicerahkan memakai PowerDirector. Boleh juga mengatur contrast dan saturation.

Adanya fitur lengkap dari PowerDirector dapat membantu mengedit video profesional dalam hitungan detik. Jika masih pemula, tersedia berbagai tutorial di dalam PowerDirector. Jadi, dapat belajar langsung melalui PowerDirector.

Mungkin pada mulanya Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengeditan memakai PowerDirector. Namun, lama kelamaan Anda akan terbiasa dan mahir dalam menggunakannya.

4. InShot

Inshot adalah aplikasi edit video android yang mempunyai tampilan sederhana. Sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang baru pertama kali terjun dalam dunia editing video memakai perangkat smartphone.

Melalui InShot, Anda bisa memotong, mengatur, menambahkan teks, musik, emoji, efek, filter dan lain sebagainya. Sehingga dapat menciptakan video menarik meskipun tidak menggunakan software canggih yang rumit.

Apabila Anda ingin mengedit konten Instagram, sangat cocok memakai InShot. Entah itu berupa konten Instagram Feed maupun Instagram Stories. Jika ingin tampak estetik, bisa mencoba mengedit latar belakang buram untuk konten Anda.

Setelah selesai mengedit di InShot, Anda boleh langsung membagikannya ke sosial media, seperti Facebook, TikTok, Instagram dan lain sebagainya. Namun, jika ingin menyimpannya ke galeri saja juga dapat dilakukan.

Ada kekurangan dari InShot yang juga umum dimiliki oleh aplikasi edit video android lainnya. Yakni munculnya iklan di tengah-tengah proses pengeditan. Meskipun sedikit mengganggu, iklannya tidak akan berlangsung lama.

Namun, mungkin akan terasa meresahkan ketika sedang diburu waktu. Jadi, pastikan Anda mengantisipasi akan munculnya iklan ketika memakai InShot. Jadi dapat mengedit konten tepat waktu.

5. CapCut

Biasanya, Anda perlu membayar biaya langganan jika ingin menghapus watermark dari suatu aplikasi. Namun, Anda tidak perlu melakukannya apabila memakai CapCut. Tanpa membayar sama sekali, nikmati berbagai fitur dari CapCut di smartphone kesayangan.

Apabila ingin mencoba CapCut di PC juga dapat dilakukan. Nantinya ada fitur tambahan, misalnya saja mirroring. Fitur tersebut membantu menggabungkan dua film di dalam software editing.

Aplikasi edit video android ini sudah banyak dipakai oleh pengguna TikTok di tanah air. Karena mampu menyajikan hasil editan estetik tanpa watermark yang mengganggu.

Anda bisa menikmati berbagai fitur, template hingga musik yang langsung tersambung ke akun TikTok. Tidak heran apabila CapCut menjadi aplikasi favorit pengguna TikTok.

6. Adobe Premiere Rush

aplikasi edit video Adobe Premiere Rush
Ketika mendengar nama Adobe, pasti kebanyakan orang akan langsung teringat dengan software editing PC. Sebut saja Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, Adobe Premiere , aplikasi pembersih sampah Android,dan lain sebagainya.

Adobe Premiere Rush sendiri hadir sebagai duplikat dari Adobe Premiere yang diperuntukkan bagi PC. Sehingga pengguna dapat menikmatinya di smartphone dengan lebih mudah dan praktis.

Melalui aplikasi edit video android ini, Anda dapat menciptakan konten untuk media sosial dengan berbagai alat, efek, pengubahan hingga musik. Userface terbilang ringan dan mudah jadi ramah untuk pemula.

Karena kemudahan ini, Adobe Premiere Rush cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena mulai banyak masyarakat yang tertarik dalam bidang editing sederhana untuk mengisi konten media sosial.

Meskipun dapat diakses secara gratis, aplikasi edit video android ini tidak menampilkan iklan yang mampu mengganggu proses editing. Bahkan, tidak ada watermark yang menutupi keindahan hasil editing.

Ada satu kekurangan dari Adobe Premiere Rush, yakni hanya mampu mengedit secara vertikal. Meskipun begitu, keunggulan lainnya mampu mengalahkan kekurangan yang satu ini. Karena konten media sosial biasanya juga berbentuk video vertikal.

7. VideoShow

VideoShow telah banyak digunakan oleh masyarakat, bahkan meraih sejumlah penghargaan sebagai aplikasi edit video android. Banyak sekali fitur menarik dari VideoShow, seperti membuat meme, menambahkan stiker, fitur editing dasar, efek, filter, dan lain sebagainya.

Hasil editan akan tetap jernih dengan durasi panjang. Apabila ingin ukuran file lebih kecil, dapat dikompres secara langsung melalui VideoShow. Tidak perlu memanfaatkan aplikasi lain untuk melakukan kompres ini.

Anda bisa menikmati semua fitur VideoShow secara gratis dengan mengunduhnya melalui Google Play Store. Ada hal menarik dari VideoShow, yakni fitur untuk melakukan dubbing langsung. Tentu hal ini lebih praktis daripada harus merekam suara terlebih dahulu.

Konsep all in one dari VideoShow akan memudahkan dalam pengeditan konten. Terutama fitur dasar seperti trim dan cut yang mudah digunakan. Cukup mengunduh dan menginstall aplikasi dengan file ringan sebesar 38 MB.

8. Quik

Aplikasi besutan GoPro ini pada mulanya difungsikan untuk mengedit konten secara langsung dari kamera. Namun sekarang dapat digunakan untuk proses pengeditan lebih bebas dengan mengunduh melalui Google Play Store.

Quik adalah aplikasi edit video android tanpa iklan yang dapat diakses secara gratis. Tentu hal tersebut akan membuat proses pengeditan berjalan cepat dan lancar tanpa halangan sama sekali.

Cukup ambil file berupa gambar maupun video dari galeri smartphone. Lantas klik saja pilihan fitur yang tersedia. Misalnya menggunakan fitur penambahan teks, efek atau filter keren.

Jika ingin pengeditan lebih praktis, klik saja salah satu dari 25 pilihan tema yang ditawarkan oleh Quik. Tambahkan juga satu dari 80 musik soundtrack supaya hasil editing lebih menawan.

Ada satu keunikan dari Quik, yakni mampu mengubah video footage menjadi sebuah video keren hanya dengan satu kali klik. Nama dari fitur ini adalah QuikStories.

Nikmati proses pengeditan tanpa gangguan iklan. Apabila sudah selesai mengedit, langsung saja menyimpannya dengan kualitas yang diinginkan atau langsung mengunggahnya ke media sosial juga bisa.

9. YouCut

YouCut adalah aplikasi editing yang mampu membebaskan Anda dari gangguan watermark. Bahkan juga membebaskan dari iklan yang kerap menghambat proses editing di smartphone.

Nikmati fitur trim, merger, cut, split, pengaturan kecepatan, penambahan musik, teks, filter hingga rotate. Pilih mana saja yang ingin digunakan untuk mempercantik konten.

Akan tetapi, iklan bisa muncul tatkala Anda mengekspor video. Karena mengekspor adalah langkah paling akhir, hal ini jauh lebih baik daripada iklan muncul saat di tengah-tengah proses editing.

YouCut mempunyai fitur yang dapat mereduksi ukuran file tanpa menurunkan kualitas video. Kemudian tidak memenuhi ruang penyimpanan smartphone karena ukuran file terbilang kecil.

10. Magisto

Magisto adalah aplikasi edit video android paling tepat bagi pengguna yang belum mempunyai pengalaman dalam bidang editing. Anda dapat menggabungkan klip video, foto, musik, teks, transisi, efek sampai filter.

Cukup memanfaatkan berbagai fitur Magisto mampu menghasilkan konten dengan hasil profesional. Magisto dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) yang mampu menganalisis konten dan menentukan fragmen terbaik.

Magisto lebih cocok dipakai oleh pengguna yang tidak memiliki banyak waktu dalam mengedit konten. Cukup memilih gambar atau video dan menentukan musik latar dapat menghasilkan konten keren.

Jangan lupa memastikan kuota internet cukup dengan jaringan stabil. Sehingga proses pengeditan dapat berjalan lancar tanpa macet atau terhenti di tengah-tengah. Sebenarnya aplikasi lain juga memerlukan sinyal kuat dan stabil.

Seperti aplikasi edit video android lainnya, Anda bisa langsung membagikan hasil editing ke media sosial. Misalnya saja Facebook, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

11. Funimate

Funimate juga menawarkan berbagai keuntungan dalam proses editing di smartphone. Seperti memotong konten, menambahkan teks, efek, filter, musik dan lain sebagainya. Interface tergolong sederhana sehingga mudah dalam menggunakannya.

Melalui Funimate Anda dapat menciptakan konten sederhana dari momen pribadi sehari-hari. Supaya lebih mudah, gunakan saja pilihan 15 filter dari Funimate. Tidak lupa tambahkan efek khusus.

Menjadi seorang video editor bukan hal sulit di masa sekarang. Tidak wajib menguasai software profesional di PC. Cukup mencoba aplikasi edit video android yang jauh lebih mudah, praktis dan gratis.

12. VivaVideo 

aplikasi edit video viva

Dikembangkan oleh QuVideo, VivaVideo yang hadir di Indonesia terbilang cukup populer di kalangan para pengguna. Bahkan, VivaVideo dikenal sebagai salah satu aplikasi editing video terbaik di Android yang bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Ketika akan mengedit konten video mengenai aplikasi pemutar musik terbaik maupun beberapa aplikasi lain yang akan dibahas. Adapun untuk fitur dari aplikasi ini yakni menawarkan fitur berupa memotong video, menggabungkan video, memperlambat & mempercepat video serta berbagai fitur menarik lainnya.

13. VN Video Editor Maker

aplikasi untuk mengedit video Video Editor Maker

Selanjutnya ada aplikasi VN Video Editor Maker yang turut menghadirkan layanan editing video dengan tampilan interface yang sudah terbilang profesional & powerfull. Meski demikian, dari sisi penggunaannya sendiri aplikasi ini terbilang ramah digunakan bagi para pemula. Bahkan, ada sejumlah fitur menarik yang ditawarkan seperti fitur editing dasar serta memiliki pengaturan editing video yang lebih fleksibel.

Download  InShot VN Video Editor Maker

Hadirnya berbagai konten video yang ada di berbagai platform seperti halnya YouTube, menjadikan seseorang kini lebih mudah untuk mendapatkan hiburan dan informasi yang bermanfaat dari para content creator yang menciptakan video tersebut. Namun sebelum konten tersebut dipublikasikan ke khalayak ramai, biasanya seorang content creator akan melewati tahapan editing video terlebih dahulu agar hasil video yang diciptakan lebih maksimal. Dalam hal ini, ada banyak sekali beragam aplikasi untuk mengedit video di Android yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan video berkualitas terbaik nantinya.

Kenapa seseorang perlu belajar editing video?

Banyak orang yang kini terjun ke bidang editor video lantaran memiliki tantangan tersendiri untuk dilakukan. Dalam hal ini, seorang editor umumnya tidak hanya berfokus pada proses editing video saja, namun juga perlu untuk menggunakan beberapa aplikasi pengedit foto terbaik agar nantinya mampu menghasilkan gambar yang berkualitas terbaik untuk dipertontonkan kepada masyarakat luas.

Selain itu, editor juga penting untuk bisa mengedit suara dari video yang akan dihasilkan nanti. Sebab, selain tampilan video yang dihasilkan, suara juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan agar memudahkan penonton dalam mendengar suara – suara yang dihasilkan dalam video tersebut. Mengingat banyaknya tugas dari seorang editor, maka dari itu Anda yang ingin berprofesi sebagai seorang editor perlu menguasai beberapa editing tersebut.

Adapun dari beberapa proses editing yang dilakukan tersebut, yang mana salah satunya turut menggunakan aplikasi perekam suara jernih untuk menghasilkan suara terbaik, seseorang perlu belajar editing video lantaran beberapa alasan berikut ini :

  • Video memiliki banyak sekali penonton karena dapat diakses di berbagai perangkat seperti televisi, laptop, tablet maupun perangkat smartphone.
  • Konten video yang diciptakan memiliki dampak tersendiri dalam menyampaikan suatu pesan kepada penonton yang melihatnya.
  • Video dikenal sebagai konten masa kini dan masa depan, sehingga perlu menggunakan teknik editing video yang mumpuni.
  • Mengedit video dapat dilakukan dengan mudah dan gratis dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi kamera android terbaik.
  • Membuka peluang kesempatan bagi seseorang untuk mendapatkan karir yang lebih baik ke depannya.

Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika akan mengedit video?

Seperti halnya ketika Anda melihat seorang content creator menciptakan konten video mengenai aplikasi video call terbaik, maka salah satu yang menjadi bahan pertimbangan tentu tampilan video dan juga kualitas suara yang dihasilkan, bukan? Selain itu, Anda juga pastinya bisa menilai bagaimanakah kualitas video tersebut jika dilihat dari berbagai sisi. Oleh karena itu, saat akan mengedit video, seorang editor diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal penting di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Tema

Sebagai salah satu hal utama dalam proses membuat sampai dengan editing video, menentukan tema pembuatan video penting untuk dilakukan. Baru setelah menentukan tema, Anda bisa membuat yang namanya storyline. Adanya tema editing video ini dilakukan untuk mempermudah Anda dalam memilih potongan video yang sudah di-take. Sehingga, hal inilah yang akan membuat jalan cerita video yang dibuat seperti misalnya mengambil tema tentang aplikasi adzan otomatis offline akan lebih rapi dan bermanfaat bagi banyak orang.

  • Backsound

Untuk menambah latar suasana video semakin menarik dan berwarna, backsound umumnya memegang peranan penting. Terlebih lagi, backsound mampu mempengaruhi video secara visual. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih backsound yang tepat dalam video sesuai dengan tema yang dibuat. Sebagai contoh ketika Anda akan mengedit konten video mengenai aplikasi penghasil uang terbaik, maka bisa diberikan backsound suara yang berhubungan dengan uang agar mendukung latar suasana.

  • Text video

Hal yang tak kalah penting selanjutnya ketika akan mengedit video dengan aplikasi untuk mengedit video, Anda perlu memperhatikan mengenai text yang diberikan pada setiap scene video yang ditampilkan. Disini, Anda sebaiknya menghindari penggunaan text yang terlalu banyak di dalam video. Cukup dengan ketikkan satu kalimat saja jika Anda memang membuat konsep video dengan subtitle. 

  • Transisi dan cutting video

Ketika Anda akan melakukan editing video yang membahas mengenai apa saja aplikasi penghasil uang terpercaya, maka proses transisi dan cutting video ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sangat detail. Hal ini dikarenakan, setiap proses cutting video biasanya akan mempengaruhi jalan cerita di setiap scene-nya. Selain itu, transisi video juga akan sangat mempengaruhi bagaimana tampilan video tersebut bisa terkesan natural atau tidak.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengedit video yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk dapat menghasilkan konten video lebih maksimal dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.