aplikasi untuk mengedit video

Wajib Tahu, 5 Aplikasi Untuk Mengedit Video di Android untuk Hasil Video Lebih Maksimal

Hadirnya berbagai konten video yang ada di berbagai platform seperti halnya YouTube, menjadikan seseorang kini lebih mudah untuk mendapatkan hiburan dan informasi yang bermanfaat dari para content creator yang menciptakan video tersebut. Namun sebelum konten tersebut dipublikasikan ke khalayak ramai, biasanya seorang content creator akan melewati tahapan editing video terlebih dahulu agar hasil video yang diciptakan lebih maksimal. Dalam hal ini, ada banyak sekali beragam aplikasi untuk mengedit video di Android yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan video berkualitas terbaik nantinya.

Kenapa seseorang perlu belajar editing video?

Banyak orang yang kini terjun ke bidang editor video lantaran memiliki tantangan tersendiri untuk dilakukan. Dalam hal ini, seorang editor umumnya tidak hanya berfokus pada proses editing video saja, namun juga perlu untuk menggunakan beberapa aplikasi pengedit foto terbaik agar nantinya mampu menghasilkan gambar yang berkualitas terbaik untuk dipertontonkan kepada masyarakat luas.

Selain itu, editor juga penting untuk bisa mengedit suara dari video yang akan dihasilkan nanti. Sebab, selain tampilan video yang dihasilkan, suara juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan agar memudahkan penonton dalam mendengar suara – suara yang dihasilkan dalam video tersebut. Mengingat banyaknya tugas dari seorang editor, maka dari itu Anda yang ingin berprofesi sebagai seorang editor perlu menguasai beberapa editing tersebut.

Adapun dari beberapa proses editing yang dilakukan tersebut, yang mana salah satunya turut menggunakan aplikasi perekam suara jernih untuk menghasilkan suara terbaik, seseorang perlu belajar editing video lantaran beberapa alasan berikut ini :

  • Video memiliki banyak sekali penonton karena dapat diakses di berbagai perangkat seperti televisi, laptop, tablet maupun perangkat smartphone.
  • Konten video yang diciptakan memiliki dampak tersendiri dalam menyampaikan suatu pesan kepada penonton yang melihatnya.
  • Video dikenal sebagai konten masa kini dan masa depan, sehingga perlu menggunakan teknik editing video yang mumpuni.
  • Mengedit video dapat dilakukan dengan mudah dan gratis dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi kamera android terbaik.
  • Membuka peluang kesempatan bagi seseorang untuk mendapatkan karir yang lebih baik ke depannya.
✅REKOMENDED:  Apa Itu Whatsapp GB Dan Bahaya Yang Ditimbulkan

Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika akan mengedit video?

Seperti halnya ketika Anda melihat seorang content creator menciptakan konten video mengenai aplikasi video call terbaik, maka salah satu yang menjadi bahan pertimbangan tentu tampilan video dan juga kualitas suara yang dihasilkan, bukan? Selain itu, Anda juga pastinya bisa menilai bagaimanakah kualitas video tersebut jika dilihat dari berbagai sisi. Oleh karena itu, saat akan mengedit video, seorang editor diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal penting di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Tema

Sebagai salah satu hal utama dalam proses membuat sampai dengan editing video, menentukan tema pembuatan video penting untuk dilakukan. Baru setelah menentukan tema, Anda bisa membuat yang namanya storyline. Adanya tema editing video ini dilakukan untuk mempermudah Anda dalam memilih potongan video yang sudah di-take. Sehingga, hal inilah yang akan membuat jalan cerita video yang dibuat seperti misalnya mengambil tema tentang aplikasi adzan otomatis offline akan lebih rapi dan bermanfaat bagi banyak orang.

  • Backsound

Untuk menambah latar suasana video semakin menarik dan berwarna, backsound umumnya memegang peranan penting. Terlebih lagi, backsound mampu mempengaruhi video secara visual. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih backsound yang tepat dalam video sesuai dengan tema yang dibuat. Sebagai contoh ketika Anda akan mengedit konten video mengenai aplikasi penghasil uang terbaik, maka bisa diberikan backsound suara yang berhubungan dengan uang agar mendukung latar suasana.

  • Text video

Hal yang tak kalah penting selanjutnya ketika akan mengedit video dengan aplikasi untuk mengedit video, Anda perlu memperhatikan mengenai text yang diberikan pada setiap scene video yang ditampilkan. Disini, Anda sebaiknya menghindari penggunaan text yang terlalu banyak di dalam video. Cukup dengan ketikkan satu kalimat saja jika Anda memang membuat konsep video dengan subtitle. 

  • Transisi dan cutting video

Ketika Anda akan melakukan editing video yang membahas mengenai apa saja aplikasi penghasil uang terpercaya, maka proses transisi dan cutting video ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sangat detail. Hal ini dikarenakan, setiap proses cutting video biasanya akan mempengaruhi jalan cerita di setiap scene-nya. Selain itu, transisi video juga akan sangat mempengaruhi bagaimana tampilan video tersebut bisa terkesan natural atau tidak.

✅REKOMENDED:  Cara kloning Whatsapp Dengan Pararel Space

Rekomendasi aplikasi editing video di Android yang bisa dicoba

Bagi Anda yang mungkin sedang mencari aplikasi editing video Android yang memiliki fitur kemudahan di dalamnya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa aplikasi berikut ini :

VivaVideo 

Dikembangkan oleh QuVideo, VivaVideo yang hadir di Indonesia terbilang cukup populer di kalangan para pengguna. Bahkan, VivaVideo dikenal sebagai salah satu aplikasi editing video terbaik di Android yang bisa menjadi pilihan bagi Anda ketika akan mengedit konten video mengenai aplikasi pemutar musik terbaik maupun beberapa aplikasi lain yang akan dibahas. Adapun untuk fitur dari aplikasi ini yakni menawarkan fitur berupa memotong video, menggabungkan video, memperlambat & mempercepat video serta berbagai fitur menarik lainnya.

KineMaster

dengan menghadirkan nuansa editing video yang lebih profesional, menjadikan KineMaster dikenal sebagai salah satu aplikasi editing video yang memiliki tampilan interface sederhana dan cocok bagi para pemula. Di aplikasi ini, Anda akan menemukan sejumlah fitur lengkap yang mudah digunakan. Sebut saja seperti fitur untuk transisi, filter, tema, kecerahan dan template editing. Di samping itu, pengguna juga nantinya bisa mengimport video dari media yang berbeda.

✅REKOMENDED:  3 Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online

Adobe Premiere Rush

Jika Anda nantinya berencana mengedit konten video yang mengangkat pembahasan mengenai aplikasi pembersih sampah Android, maka aplikasi editing dari Adobe Premiere Rush bisa menjadi pilihan paling tepat. Meskipun tidak bisa dibandingkan dengan Adobe Premiere profesional yang ada, namun jika melihat dari tampilannya sendiri cukup menarik. Sebab, aplikasi ini hadir dengan tampilan desain dan fitur yang lebih sederhana untuk memudahkan para pengguna.

VN Video Editor Maker

Selanjutnya ada aplikasi VN Video Editor Maker yang turut menghadirkan layanan editing video dengan tampilan interface yang sudah terbilang profesional & powerfull. Meski demikian, dari sisi penggunaannya sendiri aplikasi ini terbilang ramah digunakan bagi para pemula. Bahkan, ada sejumlah fitur menarik yang ditawarkan seperti fitur editing dasar serta memiliki pengaturan editing video yang lebih fleksibel.

InShot

Terakhir, Anda bisa menggunakan aplikasi InShot yang juga tidak kalah populer dengan aplikasi editing video yang lainnya. Aplikasi ini sendiri umumnya dapat digunakan untuk mengedit, menggabungkan dan memotong konten video secara mudah dan praktis. Tidak hanya itu saja, aplikasi InShot ini juga turut menawarkan berbagai fitur editing seperti menambahkan teks, stiker dan blur video. Dalam penggunaan aplikasi ini, pastikan Anda menggunakan pembersih sampah Android terbaik agar sistem aplikasi di perangkat berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengedit video yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk dapat menghasilkan konten video lebih maksimal dan berkualitas.