Perbedaan Kabel Micro USB dan Kabel Type C Yang Harus Kamu Ketahui
Perbedaan Kabel Micro USB dan Kabel Type C Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Kabel Micro USB dan Kabel Type C Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Kabel Micro USB dan Kabel Type C Yang Harus Kamu Ketahui

Fitur pengisian serta transfer informasi pada smartphone saat ini hadapi banyak pergantian. Salah satunya merupakan pemakaian konektor ataupun kabel, semacam kabel mikro serta kabel jenis C yang terkenal saat ini. Micro USB merupakan tipe mini USB( Umum Serial Bis). Kabel micro- USB awal kali digunakan pada tahun 2008, selaku fitur penghubung ponsel dengan fitur lain semacam pemutar MP3, Komputer, printer gambar, serta kamera digital.

Fitur ini dapat dibilang konektor umum. Tipe kabel micro USB mempunyai wujud lebar serta rata, serta tercantum salah satu konektor yang gampang ditemui. Sampai dikala ini, Micro USB masih terjebak di banyak smartphone serta fitur pendukung semacam Powerbank. Saat sebelum penampilan jenis konektor terkini, Micro USB awal kali terkenal selaku konektor standar yang menghubungkan fitur seluler semacam smartphone serta tablet. Kabel Micro USB mempunyai guna selaku perlengkapan saluran listrik buat mengisi energi ponsel serta mentransfer file antar fitur.

Selaku konektor, Micro USB bukan salah satunya fitur penghubung. Tidak hanya micro USB terdapat sebagian tipe kabel USB yang lain yang biasanya digunakan selaku konektor. Nyaris seluruh tipe kabel USB mempunyai perbandingan dalam perihal wujud serta kecepatan. Tetapi, senantiasa bersama mempunyai guna selaku dealer energi buat mengisi energi baterai serta mentransfer informasi dari satu fitur ke fitur lain.

Beberapa Jenis Kabel USB Berdasarkan port-nya

1. USB Jenis A

Saat sebelum timbulnya kabel micro USB, kabel USB- A- A tipe digunakan terlebih dulu pada fitur keras semacam pc, laptop, ke konsol permainan. USB Type- A mempunyai wujud persegi panjang dengan port yang berbeda. Tipe- A mempunyai 2 varian dimensi port, ialah mini serta mikro. Tetapi, selaku pengembangan tipe USB- A tidak lagi digunakan saat ini.

2. USB Type- B

Konektor selanjutnya merupakan USB Type- B. Konektor ini mempunyai wujud seragam dengan tipe- A, yang berbentuk wujud persegi panjang. USB Type- B mempunyai 3 varian dimensi port, ialah mini, makro, serta standar dengan tipe 2. 0. Kabel USB Type- B dimaksudkan dalam tipe 2. 0 serta pula tipe 3. 0 dengan tampilan formulir yang sedikit berbeda di antara keduanya. USB Type- B masih banyak digunakan buat kebutuhan buat menghubungkan fitur sampai saat ini.

3. USB Type- C

Tipe USB Type- C merupakan jenis terkini yang banyak digunakan dikala ini. Tipe tipe- C menunjang USB USB 3. 1 tipe kabel di mana dia mempunyai arus yang lebih besar. Tipe ini bisa membagikan energi dengan tegangan suplai sampai 20V( 100W) serta 5A serta energi 2 arah ataupun 2 arah. Sampai dikala ini, ketik- C digunakan buat menghubungkan fitur semacam Komputer, laptop serta smartphone.

4. Mini USB.

Mini USB merupakan tipe konektor yang lumayan banyak digunakan pada fitur seluler saat sebelum timbulnya micro USB di pasaran. Wujud mini USB sedikit lebih besar dari micro USB. Sebaliknya, bila dibanding dengan USB Jenis A serta Jenis B, mini USB lebih kecil dari keduanya. Kala penampilan, konektor mini USB biasanya digunakan pada ponsel, pc, pemutar mp3, hard disk eksternal, sampai playstation konsol gamepad.

Tidak hanya itu, terdapat pula konektor petir yang dikeluarkan oleh produsen Apple buat menghubungkan fitur iPhone serta iPad, sampai pc, adaptor listrik, ataupun Powerbank. Setelah itu tipe superspeed mikro- B digunakan buat menghubungkan hard disk eksternal ke pc serta tv. Setelah itu terdapat USB OTG yang hendak menghubungkan media penyimpanan eksternal ke fitur seluler dengan port USB micro.

Perbandingan Kabel Micro serta Kabel Type C.

Berdialog menimpa kabel Micro USB pasti kepopulerannya terus disaingi dengan keberadaan kabel USB Type- C. Kedua konektor tersebut mempunyai perbandingan yang menyangkut fleksibilitas serta kecepatan. Tiap- tiap konektor mempunyai perbandingan wujud serta dimensi serta membagikan keunggulan terpaut dengan orientasi menghubungkan steker ke port.

1.Perbandingan Bentuk

Nyaris seluruh ponsel di pasaran lebih banyak mengadopsi USB Type- C selaku konektor. Walaupun begitu, masih ada pula ponsel yang masih memakai konektor model Micro USB. Dari sisi wujud, USB Type- C lebih diucap reversible connector dimana lebih instan serta gampang dipakai sebab wujud yang simetris sehingga bisa digunakan dalam posisi bolak- balik ke lubang konektor smartphone. Sebaliknya, tipe Micro USB cuma dapat ditancapkan pada lubang dengan membiasakan wujud orientasinya. Micro USB mempunyai wujud trapesium dimana dikala menancapkan ke lubang konektor wajib cocok pada wujud sisinya. Dengan kata lain, USB Type- C lebih cenderung fleksibel pada penggunaannya.

2.Perbandingan Kecepatan

Semacam diiketahui kalau model USB Type- C lebih kilat dalam pengisian energi ke baterai smartphone dibanding kabel Micro USB. USB Type- C bisa menyalurkan energi lebih besar sebab sudah didukung teknologi USB tipe 3. 1 yang 2 kali lebih kilat dari tipe tadinya. Tipe USB ini mempunyai output energi optimal sebesar 20V serta 5A. Efeknya, pengisian energi ke baterai smartphone hendak jauh lebih kilat dibanding model Micro USB yang cuma mempunyai output energi optimal sebesar 5V serta 1. 5A. Tidak hanya itu, Micro USB pula lebih banyak diadopsi pada smartphone dengan tipe 2. 0 walaupun sesungguhnya Micro USB telah didukung teknologi tipe 3. 0. Pada keunggulan lain, USB Type- C pula mempunyai plug USB dengan 24 pin yang bisa mentransfer gambar, video, audio, serta segala informasi digital lebih baik dari keahlian pada Micro USB. Boleh dikatakan, USB Type- C lumayan kompatibel pada teknologi fast charging fitur gadget.

3.Kelemahan Kabel Micro USB

Tidak Reversible

Kabel Micro USB tidak mempunyai watak reversible. Maksudnya, kabel Micro USB tidak bisa dibolak- balik dikala memasukkannya ke lubang konektor smartphone. Wujud Micro USB yang semacam bidang trapesium membuat micro- USB tidak sefleksibel semacam USB Type- C dalam menancapkan ujung konektor ke lubang port. Oleh sebab itu, kala mau mengisi energi smartphone pengguna wajib membiasakan kepala kabel micro- USB dengan lubang konektor di ponsel.

4.Lebih Lelet Dalam Perihal Kecepatan

Kabel Micro USB mempunyai kecepatan serta standar yang kurang optimal dibanding Type- C walaupun bersama beroperasi dengan teknologi Umum Serial Bis. Teknologi USB sendiri muncul dalam sebagian tipe, dengan bermacam- macam tingkatan kecepatan transfer. Biasanya, pada sebagian besar smartphone masih mengadopsi teknologi micro USB tipe 2. 0. Dimana tipe ini ialah inovasi dari USB 1. 1 yang mempunyai kecepatan cuma 480 Mbps serta didukung fitur Hi- Speed Fashion. Sebaliknya model USB Type- C sendiri telah didukung teknologi USB SuperSpeed tipe 3. 1 yang 2 kali lebih kilat dari USB tipe 3. 0.

5.Kapasitas Penyaluran Listrik yang Rendah

Output energi Micro USB yang sebesar 5V serta 1. 5A lebih lelet dibanding tegangan listrik yang dihasilkan USB Type- C sebesar 20V serta 5A. Perihal ini pasti pengaruhi langsung ke kecepatan pengisian baterai fitur melalui charger serta kabel. USB Type- C sanggup menyalurkan energi lebih besar dibanding Micro USB. Oleh sebab itu, USB Type- C sanggup mengisi baterai lebih kilat serta cenderung cocok standar teknologi fast- charging modern.