JELASKAN BATAS-BATAS BENUA ASIA

Pendahuluan

Hello Sobat INDONEWSID! Benua Asia adalah benua terbesar di dunia dengan luas mencapai 44,5 juta km persegi. Benua ini terdiri dari 48 negara dan 6 wilayah dependensi. Namun, apakah Sobat INDONEWSID tahu apa saja batas-batas benua Asia? Yuk, simak penjelasannya!

Batas Utara

Batas utara benua Asia di sebelah utara adalah Samudra Arktik. Wilayah ini terdiri dari perairan beku yang membentuk lingkaran di sekitar Kutub Utara. Selain itu, batas utara Asia juga dihubungkan dengan pegunungan Ural yang memisahkan Eropa dan Asia.

Batas Selatan

Batas selatan benua Asia di sebelah selatan adalah Samudra Hindia. Wilayah ini terdiri dari perairan yang menghubungkan Asia dan Australia. Selain itu, batas selatan Asia juga dihubungkan dengan Pegunungan Himalaya yang membentang dari India hingga Nepal.

Batas Barat

Batas barat benua Asia di sebelah barat adalah Laut Tengah. Wilayah ini terdiri dari perairan yang menghubungkan Eropa dan Asia. Selain itu, batas barat Asia juga dihubungkan dengan Pegunungan Kaukasus yang membentang dari Rusia hingga Azerbaijan.

Batas Timur

Batas timur benua Asia di sebelah timur adalah Samudra Pasifik. Wilayah ini terdiri dari perairan yang menghubungkan Asia dan Amerika Utara. Selain itu, batas timur Asia juga dihubungkan dengan Pegunungan Alpen yang membentang dari Rusia hingga Mongolia.

Kesimpulan

Itulah batas-batas benua Asia yang perlu Sobat INDONEWSID ketahui. Dengan mengetahui batas-batas benua Asia, kita dapat memahami lebih dalam mengenai letak geografis benua ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!