7 cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi

Salam hangat untuk Sobat Indonewsid! Bagi pengguna smartphone Xiaomi, memindahkan aplikasi ke kartu SD adalah salah satu cara untuk menghemat ruang penyimpanan internal. Namun, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara melakukannya. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan 7 cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang mudah dan efektif.

1. Gunakan Setting Bawaan

Xiaomi memiliki fitur bawaan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Caranya, masuk ke “Settings” > “Apps” > “App Manager” > pilih aplikasi yang ingin dipindahkan > pilih “Storage” > pilih “Change” > pilih “SD card”. Namun, tidak semua aplikasi bisa dipindahkan, terutama aplikasi sistem.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan, Sobat Indonewsid juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan di antaranya “Link2SD”, “AppMgr III”, “FolderMount”, dan sebagainya. Sobat Indonewsid hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store, kemudian menyesuaikan pengaturannya sesuai kebutuhan.

3. Pindahkan Aplikasi Melalui Komputer

Selain menggunakan smartphone, Sobat Indonewsid juga bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD melalui komputer. Caranya, sambungkan smartphone Xiaomi ke komputer menggunakan kabel USB, lalu pilih opsi “Transfer Files” atau “Transfer Photos” pada layar smartphone. Setelah itu, Sobat Indonewsid bisa mengakses folder “Android” > “data” > pilih aplikasi yang ingin dipindahkan > pindahkan folder tersebut ke kartu SD.

4. Format Kartu SD sebagai Memori Internal

Jika Sobat Indonewsid memiliki kartu SD dengan kapasitas yang besar, maka bisa mempertimbangkan untuk memformat kartu SD sebagai memori internal. Caranya, masuk ke “Settings” > “Storage” > pilih kartu SD > pilih opsi “Format as internal”. Namun, perlu diingat bahwa setelah diformat, kartu SD tidak bisa digunakan di perangkat lain kecuali di smartphone Xiaomi yang telah melakukan format.

5. Gunakan Fitur “File Manager”

Selain aplikasi pihak ketiga, Xiaomi juga memiliki fitur “File Manager” yang bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Caranya, buka “File Manager” > pilih aplikasi yang ingin dipindahkan > pilih “Move” > pilih “SD card”. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa digunakan untuk memindahkan file aplikasi saja, bukan aplikasi beserta data-datanya.

6. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara termudah untuk menghemat ruang penyimpanan internal adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Sobat Indonewsid bisa memilih aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi yang memakan ruang penyimpanan yang besar. Caranya, masuk ke “Settings” > “Apps” > “App Manager” > pilih aplikasi yang ingin dihapus > pilih “Uninstall”.

7. Gunakan Aplikasi “Cleaner”

Selain menghapus aplikasi secara manual, Sobat Indonewsid juga bisa menggunakan aplikasi “Cleaner” untuk membersihkan file-file yang tidak perlu dan membebaskan ruang penyimpanan internal. Beberapa aplikasi “Cleaner” yang bisa digunakan di antaranya “CCleaner”, “Clean Master”, “SD Maid”, dan sebagainya.

Kesimpulan

Itulah 7 cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang mudah dan efektif. Sobat Indonewsid bisa mencoba salah satu cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!