7 cara hapus aplikasi bawaan

Salam Sobat Indonewsid, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone. Setiap smartphone pasti memiliki aplikasi bawaan yang memang sudah terinstal langsung dari pabrik pembuatnya. Namun, jika terlalu banyak aplikasi bawaan yang terinstal, ini dapat memakan memori dan memperlambat kinerja smartphone. Nah, berikut adalah 7 cara hapus aplikasi bawaan yang dapat Sobat Indonewsid lakukan.

1. Hapus melalui Pengaturan Aplikasi

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan adalah melalui pengaturan aplikasi. Pada smartphone Android, Sobat Indonewsid dapat masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus dan klik Hapus.

2. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Selain menghapus, Sobat Indonewsid juga dapat memilih untuk menonaktifkan aplikasi bawaan pada smartphone. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan Aplikasi, lalu pilih aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan dan klik Nonaktifkan. Meski begitu, Sobat Indonewsid harus hati-hati karena menonaktifkan aplikasi bawaan dapat memengaruhi kinerja smartphone.

3. Gunakan Aplikasi Penghapus

Untuk Sobat Indonewsid yang ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan sekaligus, dapat menggunakan aplikasi penghapus seperti Clean Master atau SD Maid. Aplikasi ini dapat membantu Sobat Indonewsid menghapus aplikasi bawaan dengan mudah dan cepat.

4. Root Smartphone

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan melakukan root pada smartphone. Dengan melakukan root, Sobat Indonewsid dapat menghapus aplikasi bawaan secara permanen dan tidak dapat kembali diaktifkan. Namun, Sobat Indonewsid harus hati-hati karena melakukan root dapat memengaruhi garansi smartphone.

5. Gunakan Aplikasi AOSP

Jika Sobat Indonewsid menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, dapat menggunakan aplikasi AOSP (Android Open Source Project) untuk menghapus aplikasi bawaan. Aplikasi ini dapat membantu Sobat Indonewsid untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus melakukan root pada smartphone.

6. Install Custom ROM

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menginstall custom ROM pada smartphone. Custom ROM merupakan sistem operasi alternatif yang dapat dipasang pada smartphone. Dengan menggunakan custom ROM, Sobat Indonewsid dapat menghapus aplikasi bawaan dan menggantinya dengan aplikasi yang lebih cocok.

7. Gunakan Smartphone dengan Sistem Operasi Baru

Cara terakhir yang dapat Sobat Indonewsid lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan smartphone yang sudah memiliki sistem operasi baru. Beberapa pabrikan smartphone seperti Google, OnePlus, dan Xiaomi, sudah mulai mengurangi jumlah aplikasi bawaan pada smartphone mereka.

Kesimpulan

Itulah 7 cara hapus aplikasi bawaan yang dapat Sobat Indonewsid lakukan. Namun, Sobat Indonewsid harus hati-hati saat menghapus aplikasi bawaan karena dapat memengaruhi kinerja smartphone. Sebaiknya, hapus hanya aplikasi bawaan yang memang tidak digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Indonewsid. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.